Berita
Rekomendasi Bisnis Rumahan yang Lagi Trending
SHAFIQ Administrator
Rabu, 28-09-22

2 min read

Apa kabar SHAFIQers

Sudah mulai berbisnis? Bahkan sudah mendapatkan profit tetap dan ingin scale up agar terus berkembang sehingga banyak memberi manfaat.

Salah satu faktor sebuah bisnis layak melakukan scale up adalah telah memiliki profit tetap dan terus terjadi peningkatan, sudah menemukan product market fit sehingga konsumen rela merekomendasikan produk SHAFIQers.

Bagaimana untuk SHAFIQers yang belum memulai bisnisnya karena masih menimbang banyak hal, misal: modal yang kecil, waktu yang bersifat sambilan serta tenaga yang sisa karena masih aktif sebagai karyawan sebuah perusahaan.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa bisnis rumahan yang dapat SHAFIQers kembangkan dan diharapkan mampu bertahan lama.

Bisnis rumahan adalah profesi yang cocok untuk ibu rumah tangga, pensiunan karena tetap bisa bersama keluarga tercinta dan bisa menghilangkan kebosanan. Jika anda sedang mencari ide bisnis, berikut ini rekomendasi bisnis rumahan yang lagi trend.

Rekomendasi Bisnis Rumahan yang Lagi Trend
Bisnis di rumah bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah untuk memasarkannya. Simak rekomendasi bisnis rumahan yang lagi trend di bawah ini.

  1. Catering Makanan Sehat
    Setiap hari ibu-ibu pasti selalu memasak untuk keluarganya. Hal ini bisa menjadi ide bisnis rumahan. Misalnya dengan membuat catering makanan sehat, karena saat ini banyak orang yang mulai beralih ke gaya hidup sehat. Dengan memanfaatkan media sosial, anda bisa mengembangkan bisnis ini dari rumah dengan mudah.

    Mulai dari menu yang sederhana dan mudah dibuat agar tidak merepotkan tenaga dan waktu, kembangkan jaringan dari memenuhi pesanan tetangga dan warga perumahan tempat tinggal.

  2. Membangun Kedai Kopi
    Anda bisa menggunakan teras atau garasi rumah sebagai tempat usaha, dan menyediakan kursi atau meja kecil untuk tempat nongkrong pelanggan sambil menikmati minuman. Anda juga bisa memberikan pengalaman atau suasana berbeda untuk membedakan kedai kopi anda dengan yang lain.

  3. Jasa Isi Ulang Air Minum
    Anda bisa memulai bisnis ini di perumahan padat penduduk hingga modern, apalagi jika rumah anda ada di dekat pasar. Bisnis air ini juga relatif mudah dan terjangkau, karena anda hanya perlu membeli perlengkapannya, dan anda bisa langsung menjual air minum isi ulang.

    Saat ini banyak tersedia layanan set up bisnis isi air ulang dengan harga terjangkau yang disesuaikan dengan kemampuan finansial kita.

  4. Jasa Laundry
    Saat ini banyak orang yang tidak punya banyak waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Nah, anda bisa menggunakan peluang ini untuk menawarkan jasa sesuai kebutuhan pelanggan. Misalnya, dry cleaning, menyetrika, mencuci bed cover, dan sebagainya.

    Salah satu jasa laundry yang sedang ramai dibicarakan adalah laundry coin, dimana konsumen melakukan self-service dengan coin.

  5. Jasa Les Privat
    Jika anda memiliki kemampuan untuk mengajar anak, tak ada salahnya membuka jasa les privat di rumah. Selain mendapatkan keuntungan, anda juga berkesempatan berbagi ilmu dengan orang lain.

    Banyak anak usia pra SD dan SD membutuhkan bimbingan belajar secara khusus untuk memotivasi belajar dan menyelesaikan permasalahan PR mereka.

  6. Menjadi Content Creator
    Prospek bisnis sebagai content creator sangat besar, apalagi sekarang media sosial sudah sangat populer. Anda bisa membuat video pendek dan kemudian mengunggahnya ke TikTok, YouTube, atau Instagram. Bisnis ini memang tidak serta merta menghasilkan keuntungan, namun jika anda konsisten, anda bisa sukses di bidang ini.

    Sekarang banyak content creator yang hanya bermodalkan Smartphone mampu trending di tengah ramainya persaingan media sosial asalkan dilakukan dengan tulus dan memiliki kreatifitas.
Semoga SHAFIQers mampu membangun bisnisnya dan diberikan keberkahan dengan syarat dijalankan tanpa ada pelanggaran syariah di dalamnya.

Mari renungkan Firman Allah Ta’ala,
“Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al Baqarah: 275)

Sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari Rafi’ bin Khadij dia berkata,
“Ada yang bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasulullah, mata pencaharian apakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi).” (HR. Ahmad, Ath Thobroni, dan Al Hakim. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Securities Crowdfunding Syariah Pertama berizin OJK dan diawasi DSN-MUI
SHAFIQ adalah startup fintech syariah yang mempunyai satu misi utama : menjadi “mini bursa efek Indonesia” yang mempertemukan pihak yang ingin berinvestasi (Pemodal) secara urunan dengan pihak yang membutuhkan permodalan untuk usaha (Penerbit).

SHAFIQ selaku penyelenggara SCF Syariah akan terus memberikan edukasi kepada calon investor Sukuk dan Saham Syariah agar memahami dan mengambil keputusan berdasarkan literasi yang cukup.

Jangan ketinggalan update event & artikel tentang investasi di SCF serta informasi terbaru Penawaran Sukuk dan Saham Syariah.

Apakah SHAFIQers sudah terdaftar sebagai Investor? Silakan DAFTAR



Baca juga:
6 Syarat Menjadi Penerbit di SHAFIQ
Berikut Syarat Menjadi Penerbit di SHAFIQ sesuai POJK 57/2020 Pasal 46 ayat 1 serta lulus uji tuntas sisi BISNIS dan SYARIAH 
Share