Berita
5 Langkah Mengelola Dana Pensiun yang Baik
SHAFIQ Administrator
Minggu, 30-10-22

3 min read

Merdeka finansial merupakan keinginan semua kalangan khususnya kalangan dewasa memasuki usia tua yang telah menyelesaikan masa kerjanya atau pensiun. Agar dapat melalui masa-masa dengan penuh keberkahan serta mampu meluangkan waktu untuk beribadah.

Indikasi seseorang yang telah merdeka secara finansial jika sudah berhasil memenuhi tujuan keuangan dalam hidup, seperti pendidikan untuk anak, hingga persiapan dana ketika sudah pensiun.

Namun jika masa pensiun sudah dekat tapi belum merdeka finansial maka hal ini harus menjadi perhatian. Kondisi ini harus dimitigasi oleh setiap orang agar memiliki strategi finansial di masa sekarang dan masa depan.

Bagaimana Cara Mengelola Dana Pensiun yang Baik?

Setelah bekerja cukup lama, masa pensiun menjadi momen beristirahat dan menikmati dana pensiun karyawan yang diberikan perusahaan. Namun, dana pensiun akan sia-sia jika tidak dikelola dengan baik. Berikut ini cara mengelola dana pensiun yang baik agar tidak cepat habis.
Ada beberapa cara mengelola dana pensiun yang baik, antara lain:

  1. Membuka Usaha atau Membangun Bisnis
    Masa pensiun digunakan oleh sebagian orang untuk membuka usaha. Namun, anda bisa merencanakannya sendiri mulai sekarang. Bisa dimulai dengan menentukan produk yang akan dijual, modal yang dibutuhkan, dan hal-hal lain untuk persiapan usaha.

  2. Buka Tabungan
    Tips selanjutnya adalah dengan membuka tabungan hari tua, karena tidak ada kata terlambat untuk menabung. Agar lebih siap menghadapi hari tua, disarankan untuk membuka rekening tabungan. Anda bisa menggunakan tabungan jika anda memiliki kebutuhan mendesak seperti membeli obat, dan lain-lain.

  3. Berpartisipasi dalam Komunitas Sosial
    Di masa pensiun, anda pasti akan memiliki lebih banyak waktu luang. Untuk memanfaatkan waktu luang ini, anda bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat, seperti berpartisipasi dalam kegiatan sosial, misalnya memberikan santunan kepada anak yatim.

    Dengan berpartisipasi dalam kegiatan sosial, anda tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan, tetapi juga bagi diri anda sendiri. Karena anda akan mengerti bagaimana memanusiakan orang lain yang lebih membutuhkan.

  4. Simpan untuk Kebutuhan Darurat
    Tips yang terakhir adalah menabung untuk kebutuhan darurat meski kita tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi secara tiba-tiba, seperti sakit atau kecelakaan. Namun, menyisihkan dana pensiun untuk kebutuhan darurat sangatlah penting.

    Sebisa mungkin tidak menggunakan dana darurat untuk kebutuhan lain. Dengan memiliki dana darurat, hidup lebih tenang dan tidak mengganggu arus keuangan. Sekian ulasan tentang berbagai cara mengelola dana pensiun yang baik, semoga bermanfaat.

  5. Mulai Berinvestasi
    Lakukan Investasi serta kenali setiap risikonya dan ini sebagai langkah awal yang baik untuk mempersiapkan dana pensiun. Hal itu karena investasi mampu bersaing dengan inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Pun begitu, sebelum memulai investasi lebih baik pelajari terlebih dahulu setiap instrumen yang ada.

    Agar terhindar dari kerugian dan mendapat investasi jangka panjang yang tepat, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. seperti manajemen risiko, bisa atau tidak bersaing dengan inflasi, apakah instrumen investasi yang dipilih sesuai dengan kondisi keuangan, dan lain sebagainya.
Demikian ulasan tentang cara mengelola dana pensiun yang baik yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat.

Masa Tua yang Penuh Keberkahan
Masa tua adalah saat yang tetap untuk hidup dengan baik dan banyak menggunakan waktunya untuk beribadah setelah menghabiskan masa mudanya untuk bekerja keras.
Berikut 2 hal penting yang patut kita panjatkan do’a agar masa tua dapat lebih dipenuhi keberkahan,

  1. Dijauhkan dari lilitan hutang
    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah, no. 2414. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

  2. Berlindung dari keadaan buruk di masa tua
    Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari sifat lemah dalam melakukan ibadah, aku meminta perlindungan kepada- Mu dari keadaan tua yang jelek, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari godaan syahwat dunia (sehingga lalai dari kewajiban, pen.), dan aku meminta perlindungan pada-Mu dari siksa kubur.
SHAFIQ adalah penyelenggara Layanan Urun Dana Digital Syariah Pertama Berizin di Indonesia. 

Ingin mendaftar sebagai pemodal atau membutuhkan pendanaan bisnis ? Silakan klik DAFTAR



Baca juga:
Bagaimana Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda?
Kami rangkumkan beberapa poin sederhana sebagai motivasi untuk sukses bagi generasi muda atau yang akrab kita sebut dengan Gen Milenial dan Z
Share