Berita
Apakah Aman Berinvestasi di SHAFIQ ?
SHAFIQ Administrator
Kamis, 20-01-22

Berinvestasi saat ini terasa semakin mudah dengan hadirnya berbagai platform yang berbasis teknologi informasi. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para investor sehingga berbagai kesulitan dan kerumitannya akan dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

Cukup menggunakan smartphone atau laptop maka sudah dapat berinvestasi dengan modal yang minim sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Namun, pemodal harus memastikan platform tersebut memiliki keamanan dalam pengelolaannya dan memberikan manfaat yang maksimal untuk keuangan Anda. Jangan sampai salah memilih platform hanya karena tergiur keuntungan sehingga melalaikan faktor keamanan platform tersebut.

Pembahasan ini menjadi topik yang sangat menarik pada kegiatan KubiQ bertema Bagaimana Cara Shafiq mengamankan Data dan Dana Investor yang disiarkan langsung melalui Instagram SHAFIQ.

Gema Megantara selaku Co-Founder sekaligus CTO SHAFIQ menjelaskan fungsi utamanya yaitu untuk memastikan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik khususnya platform di shafiq.id agar dapat diakses maksimal mulai dari website, keamanan server hingga integrasi dengan pihak lain misal : KSEI, Bank Syariah Indonesia serta berbagai pihak lainnya.

Untuk lebih jelas dan mudah memahaminya maka kami rangkuman diskusi tersebut untuk Anda, sebagai berikut :

Bagaimana sistem keamanan di SHAFIQ?

Gema Megantara memberikan sebuah analogi bahwa ancaman tidak pernah hilang sebagaimana perumahan atau komplek yang aman dengan sejumlah security namun tidak akan menutup kemungkinan adanya maling yang bisa datang dari 2 celah. Yaitu dari depan bisa menyamar sebagai tamu atau dari belakang tanpa diketahui oleh siapapun.

Untuk itu SHAFIQ melakukan screening terhadap user yang masuk dari pihak pemodal maupun penerbit. Sebagai contoh saat proses registrasi atau pembuatan akun pemodal akan ada tahapan yang harus dilalui.

Calon investor akan dilihat latar belakangnya, bekerjasama dengan lembaga ASLI RI yang telah digunakan berbagai perusahaan bonafide. Pemodal akan dimintai alamat email, no HP, data diri serta dari verifikasi data EKYC, jika ada data yang tidak match maka akan menjadi peringatan apakah akan terverifikasi atau tidak.

Untuk penerbit, SHAFIQ bekerjasama dengan PEFINDO dalam hal mengetahui track record utang piutang. Bahkan untuk masalah syariah juga sangat ditekankan sehingga tidak ada yang bertentangan dengan syariah Islam.

Dari segi sistem informasi sudah mendapat ISO 27001 ( Standarisasi Manajemen Keamanan Informasi ) sebagai syarat mendapatkan mendapat izin usaha dari OJK. Mulai dari mengamankan data, server dan jika terjadi bencana atau adanya aktivitas hacking.

Sehingga SHAFIQ selalu bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pengamanan agar terupdate dengan berbagai sistem keamanan terbaru secara periodik serta berulang.

Apa yang menjamin uang investor aman?

Ketika pemodal melakukan top up investasi dalam hal ini bekerjasama dengan BSI menggunakan Virtual Account. Dan kedepannya InsyaAllah akan menggunakan RDI. Rekening dana investor (RDI) merupakan rekening di bank atas nama investor yang khusus digunakan untuk aktivitas transaksi.

Ketika membeli efek maka akan ditransfer ke Bank kustodian, sehingga tidak ada uang yang masuk ke rekening Shafiq.

Kemudian ketika pendanaan sudah diberikan ke penerbit dan bisnis sudah berjalan, maka akan tiba waktu pembayaran kupon. Penerbit akan melakukan pembayaran melalui KSEI. Setelah KSEI menerima pembayaran maka akan dilanjutkan dananya ke pemodal berdasarkan data yang diberikan SHAFIQ sesuai dengan persentase investasi ke rekening RDI pemodal.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemodal yang melakukan top up hingga pendanaan ke penerbit sampai pada pembagian ke pemodal tidak melalui rekening SHAFIQ namun dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak-pihak yang berwenang sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Bukti kepemilikan aset pemodal?

Investor tak perlu khawatir Lembaran Saham/ Sukuk Diubah ke Scripless dalam hal ini PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dengan bekerjasama dengan Bank Kustodian dalam hal ini Bank Syariah Indonesia.

Kepemilikan dapat dilihat diplatform shafiq.id atau dapat juga dilihat di KSEI dengan menggunakan SID sebagai ‘KTP’ / Identitas sebagai investor melalui login di Website KSEI.

Maka perlu diperhatikan bahwa makin banyaknya penawaran investasi dengan berbagai model maka harus diperhatikan terkait cara pengamanan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

SHAFIQ yakin Anda saat ini semakin memahami kinerja pengamanan dana investasi sebuah platform. Untuk itu kami menawarkan berinvestasi di shafiq.id denga pilihan yang menarik, silakan daftar melalui link berikut ini DAFTAR PEMODAL.

Share