Berita
Jadikan Ramadhanmu Lebih Meaningful
SHAFIQ Administrator
Jumat, 10-03-23


Ramadhan 2023 | 2 min read

Apa kabar SHAFIQers?

Ramadhan 2023 semakin dekat dan kamu sebagai generasi milenial, mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat ibadah tahun ini lebih bermakna.

Apakah kamu punya pengalaman bagaimana cara untuk memanfaatkan bulan suci ini sebaik-baiknya? Misalkan tips untuk lebih produktif hingga cara tetap sehat dan fokus agar Ramadhan 2023 lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Tips Agar Ramadhan Lebih Bermakna untuk Milenial
Ingin Ramadhan lebih bermakna? Yuk kita mempersiapkan diri agar tahun ini lebih meaningful dan akan terus dikenang di masa depan serta mendapat ridho dari ALLAH, diterima setiap amalan baik sunnah maupun wajibnya… Aamiin.

  1. Persiapkan diri sebelum Ramadhan
    Menurut kalender Islam, tentu akan dimulai pada 1 Ramadhan. Mengutip situs Kemenag, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, di Jakarta, Rabu (8/3/2023), menjelaskan "Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Sya’ban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023". Jadi tunggu ya! Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri nih.

  2. Buat Tema Khusus
    Salah satu tema utama Ramadhan 2023 bagi para milenial adalah menjadikan ramadhan lebih bermakna dan menyenangkan. Pilih dan buatlah tema-tema khusus, seperti, ramadhan penuh syukur, ramadhan terbaik, kemurahan ramadhan, ramadhan cinta qur’an atau ramadhan peduli. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan termotivasi sepanjang bulan.

  3. Tetap Produktif
    Tips penting lainnya agar Ramadhan 2023 lebih bermakna adalah tetap produktif. Ini mungkin membutuhkan menetapkan tujuan untuk diri sendiri, seperti membaca Alquran hingga khatam, belajar lebih banyak tentang sejarah Islam atau tema lainnya. Dapat juga melibatkan diri pada sebuah komunitas kajian dan saling membantu menyelenggarakan sebuah event bersama.

  4. Saling Berbagi dan Memberi
    Berbicara tentang memberi dan berbagi, Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk beramal dan bermurah hati. Pertimbangkan untuk menyumbang ke sebuah lembaga sosial, yayasan atau lingkungan sekitar yang lebih membutuhkan. Ini adalah cara yang baik untuk meraih keberkahan ramadhan dan menghadirkan kepedulian kepada sesama selama bulan suci.

  5. Berhemat dan Tidak Mubazir
    Bagi yang ingin berhemat selama Ramadhan 2023, ada banyak tips untuk membantu Anda agar lebih hemat. Misalnya, rencanakan makanan kamu jauh-jauh hari untuk menghindari pengeluaran berlebihan. Pertimbangkan untuk memasak sendiri serta membiasakan untuk tidak berlebihan ketika makan sahur atau berbuka. Hindari pemborosan dan makan berlebihan sehingga terhindar dari mubazir.

  6. Ramadhan Sehat
    Akhirnya, penting untuk tetap sehat selama Ramadhan. Meskipun puasa membutuhkan perjuangan dan kesabaran ketika menahan lapar dan haus, penting untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat. Pertimbangkan untuk menyediakan lebih banyak buah dan sayuran dan hindari makanan tinggi gula dan tinggi lemak.

Kesimpulannya, Ramadhan 2023 bisa menjadi waktu yang bermakna dan produktif bagi generasi milenial jika didekati dengan pola pikir dan cara yang tepat. Apakah Anda ingin berbagi kepada sesama dengan mengikuti sebuah komunitas kajian, menjadi lebih produktif di siang hari, menghemat uang, atau tetap sehat. Ada banyak tips untuk membantu Anda memanfaatkan bulan suci ini sebaik-baiknya.

Jadi, tetap bersemangat selama Ramadhan dan jadikan ibadah puasa tahun ini sebagai kenangan dan mendatangkan keridhoan ALLAH. Ramadhan Kareem!

Demikian artikel singkat mengenai tips agar ramadhan lebih bermakna untuk milenial. Alhamdulillah pada ramadhan 2023, SHAFIQ akan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mengisi hari-hari kamu dengan kajian ilmu serta tips keuangan selama bulan puasa dan menyambut hari raya.

Tunggu info selanjutnya ya! Kamu juga dapat menyimak kembali kajian ramadhan yang diselenggarakan SHAFIQ TV pada tahun-tahun sebelumnya.

SHAFIQ adalah perusahaan penyelenggara securities crowdfunding syariah yang berizin dan diawasi OJK serta DSN-MUI. Sebagai SCF Syariah memberikan penawaran dalam bentuk sukuk serta saham syariah dengan jangka waktu investasi yang sesuai dengan profil risiko kamu.
______________________
Ingin mendaftar sebagai pemodal Investasi Syariah atau membutuhkan Permodalan Syariah untuk bisnis kamu? Silakan DAFTAR dan segera lengkapi data diri kamu.

Share