Berita
Jangan Biarkan Ramadhan Tanpa Kesan. Ikuti Tips Ini!
SHAFIQ Administrator
Sabtu, 25-03-23

Ramadhan Tanpa Kesan | 3 min read

Apa Kabar SHAFIQers ?

Sudah berapa kali menjadi alumni Ramadhan?
Apakah masih sama kualitasnya? Ingin meningkatkan lagi?

Setiap tahun Ramadhan datang dengan membawa keutamaan yang sama, pertanyaannya adalah apakah SHAFIQers mampu menggapai keutamaan tersebut. Jangan biarkan ramadhan tahun berlalu tanpa kesan dan tanpa makna!

Usia semakin berkurang sedangkan amal yang kita lakukan akan semakin terbatas waktunya. Jangan menunda lagi untuk memperbaiki kualitas ramadhan tahun ini. Bismillah…! Insya Allah kamu bisa melaluinya.

Cara Agar Ramadhan tidak Berlalu Tanpa Kesan?
Alhamdulillah SHAFIQ akan menemani hari-hari kamu selama Ramadhan dengan kajian Islam bertema spesial bersama Ustadz Muflih Safitra setiap Selasa. Kajian ini dapat diikuti melalui media Zoom dan channel youtube SHAFIQ TV.

Pada kegiatan pertama beberapa waktu lalu telah disampaikan tema “Ramadhan Tanpa Kesan”, berikut rangkuman poin-poin pentingnya.

  1. Bekali Diri Informasi Kapan Ramadhan akan Datang
    Jangan sampai terlambat sadar bahwa ramadhan telah datang sehingga kurang dalam menyikapinya. Berikut beberapa model manusia dalam menyikapi datangnya ramadhan.

    a) Senang karena dapat beribadah secara maksimal dan telah menantinya selama 11 bulan sebelumnya.
    b) Senang akan datangnya ramadhan namun bukan karena ibadahnya melainkan karena banyak kesempatan untuk mendapatkan duniawi di dalamnya, misalkan kesempatan jualan berbagai macam produk dan meraup keuntungan.
    c) Biasa saja dikarenakan tidak adanya perbedaan dalam waktu bekerja atau tidak bisa meluangkan ibadah lebih maksimal.
    d) 
    Merasa Benci atau tidak menyukai disebabkan datangnya bulan Ramadhan menyebabkan banyak kekangan untuk diri mereka.

  2. Saatnya Merenungi Ramadhan yang telah Berlalu
    Ketika masuk 1 Ramadhan maka lakukan perenungan terhadap kualitas tahun sebelumnya. Apakah ada yang harus diperbaiki, ditingkatkan dan dimaksimalkan. Tujuannya adalah evaluasi diri agar tahun ini menjadi lebih baik lagi dan semakin menjadikan kamu pribadi yang berTaqwa.

  3. Membuat Perencanaan yang Bermanfaat
    Buatlah target baru yang belum dilakukan pada ramadhan sebelumnya. Misalkan, memperbanyak ibadah sunnah setelah sahur seperti qobliyah shubuh kemudian mengikuti kajian atau membaca Al-Qur’an serta membaca dzikir pagi secara rutin.

  4. Hati-hati dengan Aktivitas yang Menyita Waktu
    Memasak untuk keperluan sahur dan berbuka bagi ibu-ibu merupakan hal yang bermanfaat. Namun jangan terlalu berlebihan menggunakan waktu dengan melakukan berbagai macam eksperimen menu sehingga melupakan membaca Al-Qur’an atau mengkaji kitab-kitab khusus muslimah ketika waktu senggang.

  5. Miliki Rencana Kegiatan dan Target
    Jika Ramadhan sebelumnya belum pernah khatam Al-Qur’an maka targetkan tahun ini khatam minimal 1 kali. Atau jika tahun lalu tidak sempat i’tikaf pada 10 hari akhir ramadhan maka niatkan tahun ini untuk bisa i’tikaf. Caranya dengan mulai mengurangi aktivitas pada akhir bulan untuk merasakan fokus beribadah dan mengisi dengan berbagai kegiatan kajian.

  6. Siapa Lawan Berat ketika Ramadhan?
    Lawan berat saat ini bukan lapar dan haus semata, namun seiring berkembangnya media sosial di internet akan menjadi tantangan yang berat bagi kaum muslimin. Tanpa kontrol yang baik dalam menggunakan media sosial akan memicu menghabiskan waktu secara sia-sia bahkan memicu dosa karena banyak tayangan yang bertentangan dengan syariat. Saatnya bijak menggunakan media sosial kamu.
Semoga SHAFIQers semua dapat menjadikan ramadhan tahun ini lebih berarti, bermakna dan menjadi pribadi yang lebih bertaqwa. Jangan lupa ajak sahabat dan orang tercinta untuk hadir pada kegiatan Kajian Islam. 


SHAFIQ adalah perusahaan penyelenggara securities crowdfunding syariah yang berizin dan diawasi OJK serta DSN-MUI. Dapatkan permodalan syariah hingga 10 miliar melalui SCF Syariah atau menjadi pemodal dalam investasi syariah dalam bentuk sukuk serta saham syariah yang sesuai dengan profil risiko kamu.
______________________
Lakukan investasi dengan uang dingin sesuai tujuan keuangan dan profil risiko yang kamu miliki.
Disclaimer: Konten ini memiliki tujuan edukasi terkait finansial sedangkan pilihan investasi pada efek (saham/ sukuk) mengandung RISIKO TINGGI yang seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi.

Share