Berita
Peningkatan Data Jamaah Umrah Indonesia
SHAFIQ Administrator
Senin, 17-04-23

Travel Umroh 2023 & 2024 | 3 min read

Apa kabar SHAFIQers?

Biro travel umrah adalah bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan untuk perjalanan umrah semakin meningkat, terutama di kalangan Muslim Indonesia yang ingin menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekah dan Madinah.

Bisnis ini menawarkan peluang besar untuk mendapatkan keuntungan, namun pada saat yang sama, bisnis ini juga memiliki tantangan yang besar.

Dalam artikel ini, kami akan membahas peningkatan jumlah data jamaah umrah di Indonesia dan berbagai tantangannya.

Perkembangan Jamaah Travel Umrah dari Sebelum Pandemi hingga Saat ini

Berdasarkan data dari Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), mencatatkan bahwa jemaah umroh di 5 tahun terakhir terus mengalami peningkatan meski sempat menurun. Jamaah umrah pada tahun 1440 H atau 2018-2019 terhitung sebanyak 974.650 jamaah.

Kemudian pada tahun 2020, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan untuk menangguhkan visa umrah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Mengutip Republika bahwa hingga 1 Muharram 1444 Hijriyah atau 30 Juli hingga 4 Oktober 2022 sebanyak 1.267.490 jamaah telah tiba di KSA. Mayoritas jamaah datang melalui jalur udara sebanyak 880.929 jamaah.

Saudi Gazette memberitakan bahwa jamaah umrah Indonesia sebagai urutan pertama terbanyak mengirimkan jamaahnya sebanyak 317.200. Disusul Pakistan dengan 195.224 peziarah, kemudian India berada sebanyak 133.517 peziarah, dan diikuti oleh Irak sebanyak 86.803.

8 Tips Agar Menjadi Travel Umrah Terbaik dan Amanah

Berbagai tantangan terjadi dalam pengelolaan pelayanan ibadah umrah saat ini. Hal ini menjadi bagian yang harus dipahami para pelaku biro travel umrah di Indonesia, misal travel umrah di Jakarta, Surabaya dan berbagai wilayah lainnya.

Ternjadinya peningkatan data jamaah umrah di Indonesia harus diimbagi dengan kualitas serta pelayanan maksimal dari para pelaku biro travel umrah. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi travel umrah bermasalah hingga travel umrah penipu, karena dapat merusak reputasi dan ekosistem yang telah dibangun para pemilik travel umrah terbaik di Indonesia.

Berikut tips untuk menjadi travel umroh terbaik dan dipercaya para calon jamaah umrah:

  1. Menjalin hubungan yang baik dengan penyedia jasa
    Sebagai biro travel umroh, Anda harus memiliki hubungan yang baik dengan penyedia jasa, seperti maskapai penerbangan, hotel, dan operator bus. Dengan memiliki hubungan yang baik, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih baik dan meminimalisir risiko pembatalan.

  2. Membangun reputasi yang baik
    Reputasi adalah kunci untuk mendapatkan pelanggan yang loyal dan membangun bisnis yang sukses. Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda selalu memberikan pelayanan yang terbaik, baik dari segi fasilitas, kenyamanan, dan keamanan. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa tim Anda selalu siap membantu pelanggan dalam segala hal.

  3. Menjaga keuangan dengan baik
    Manajemen keuangan yang baik sangat penting dalam bisnis biro travel umroh. Anda harus selalu memantau arus kas bisnis Anda dan memastikan bahwa Anda memiliki cadangan dana yang cukup untuk mengatasi kemungkinan masalah yang muncul.

  4. Menyediakan paket yang bervariasi
    Pelanggan akan lebih tertarik dengan biro travel umroh yang menawarkan paket yang bervariasi. Anda harus menyediakan paket yang sesuai dengan kebutuhan dan budget pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga harus selalu memantau tren dan kebutuhan pasar untuk memastikan bahwa paket yang Anda tawarkan selalu up-to-date.

  5. Biaya umrah yang terjangkau
    Banyak kalangan ingin menjalankan ibadah umrah bersama pasangan dan keluarga, maka biaya yang terjangkau akan memberi peluang keberangkatan lebih besar. Misal biaya umrah 2023 atau 2024 untuk 2/ 3 orang akan mendapatkan paket spesial harga khusus serta diskon.

  6. Lakukan teknik marketing dan promosi yang efektif
    Mempromosikan bisnis Anda secara efektif sangat penting untuk menarik pelanggan. Anda bisa memanfaatkan media sosial, iklan online, brosur, atau bahkan seminar untuk mempromosikan bisnis Anda. Pastikan bahwa promosi yang Anda lakukan menjangkau target pasar yang tepat.

  7. Menjaga kualitas dan kuantitas tim Anda
    Kualitas dan kuantitas tim Anda sangat mempengaruhi kualitas pelayanan yang Anda berikan. Pastikan bahwa Anda memiliki tim yang cukup dan berkualitas. Selain itu, Anda juga harus memberikan pelatihan yang cukup untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tim Anda dalam melayani pelanggan.

  8. Menaati aturan dan regulasi yang berlaku
    Bisnis biro travel umroh harus mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku. Pastikan bahwa bisnis Anda memiliki izin yang diperlukan dan mematuhi aturan yang ada. Jangan hanya mengejar omset dan keuntungan hingga melalaikan berbagai aturan yang ditetapkan pemerintah Indonesia maupun Kerajaan Saudi Arabia. Agar tidak muncul masalah dan berakibat menzalimi calon jamaah umrah.

Bagaimanakah Memulai Bisnis Biro Travel Haji & Umroh?

Kamu dapat memiliki bisnis haji dan umrah dengan menjadi bagian dari perusahaan yang bergerak penyelenggara jasa haji dan umroh ini. Dengan cara berinvestasi langsung di sukuk atau saham yang sedang ditawarkan melalui SHAFIQ.

Alhamdulillah dengan hadirnya penyelenggara haji dan umroh, bisa membantu semakin banyak umat Islam yang ingin menunaikan ibadah Haji atau Umroh.

______________________

SHAFIQ adalah perusahaan penyelenggara securities crowdfunding syariah yang berizin dan diawasi OJK serta DSN-MUI. Dapatkan permodalan syariah hingga 10 miliar melalui SCF Syariah atau menjadi pemodal dalam investasi syariah dalam bentuk sukuk serta saham syariah yang sesuai dengan profil risiko kamu.

Lakukan investasi dengan uang dingin sesuai tujuan keuangan dan profil risiko yang kamu miliki.

Disclaimer: Konten ini memiliki tujuan edukasi terkait finansial sedangkan pilihan investasi pada efek (saham/ sukuk) mengandung RISIKO TINGGI yang seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi.

Share