Berita
Inovasi Bisnis F&B: Steak Industry (STIK) Tetap Tumbuh di Masa Pandemi
img-penerbit
PT Manshurah Kuliner Nusantara
Selasa, 26-03-24

Inovasi Bisnis F&B | 2 min read

Industri makanan dan minuman (F&B) merupakan salah satu sektor yang terkena dampak paling besar selama masa pandemi COVID-19. Dengan perubahan perilaku konsumen, pembatasan sosial, dan ketidakpastian ekonomi, bisnis F&B dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi agar tetap relevan dan bertahan dalam menghadapi tantangan ini.

Alhamdulillah masa pandemi telah berlalu sehingga dapat kita lihat beberapa pelaku bisnis yang terus berinovasi tetap mampu bertahan bahkan semakin berkembang pesat pasca pandemi.

Inovasi Bisnis Steak Industry di Masa Pandemi

SHAFIQers dapat ambil contoh bisnis F&B yang saat ini mampu bertahan bahkan terus tumbuh pasca pandemi, yaitu “Steak Industry” yang saat telah memiliki 1 outlet utama di Bintaro dan 3 (tiga) cabang di Cirebon, Surabaya dan Banjarmasin.

“Steak Industry” sendiri sudah beroperasional sejak tahun 2019 yang dijalankan oleh Direktur perusahaan yaitu Chef Hamid. Saat pandemi maka dilakukan inovasi menu yang menyesuaikan pola makan masyarakat, dengan menghadirkan steak yang tetap memiliki citarasa nikmat namun dapat dipesan dari rumah. Bahkan menu tersebut hingga saat ini masih dipesan oleh pencintanya.

Pertanyaannya adalah, mengapa inovasi di sektor F&B begitu penting, baik selama masa pandemi maupun pasca pandemi?

5 Alasan Mengapa Inovasi Penting di Sektor Bisnis F&B

  1. Mengantisipasi Perubahan Pola Konsumen
    Pola konsumen berubah secara drastis. Konsumen lebih memilih untuk tinggal di rumah, memesan makanan secara online, atau melakukan pembelian dengan pengiriman.

  2. Menjawab Tantangan Logistik dan Persediaan
    Ketidakpastian dalam rantai pasokan selama pandemi telah menyulitkan bisnis F&B untuk memperoleh bahan baku dan mengelola persediaan dengan efisien.

  3. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
    Pelanggan lebih memperhatikan kebersihan, keamanan, dan kenyamanan saat memilih tempat makan atau memesan makanan. Inovasi dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang unik dan memperhatikan standar kebersihan yang ketat akan menjadi pembeda bagi bisnis F&B.

  4. Membangun Kekuatan Brand
    Inovasi bukan hanya tentang menciptakan produk atau layanan baru, tetapi juga tentang membangun kekuatan brand. Bisnis F&B perlu untuk memperkuat citra merek sebagai merek yang responsif, berdaya saing, dan terus-menerus beradaptasi dengan perubahan.

  5. Menghadapi Tantangan Ekonomi Pasca Pandemi
    Meskipun pandemi berakhir, dampak ekonomi jangka panjang masih akan dirasakan oleh banyak bisnis F&B. Inovasi dalam strategi harga, diversifikasi produk, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan lokal dapat membantu bisnis untuk pulih dan berkembang di tengah tantangan ekonomi yang masih ada.
Saat ini, inovasi bukanlah pilihan, tetapi suatu keharusan bagi bisnis F&B. Dengan mengadopsi pendekatan yang responsif, kreatif, dan berorientasi pada pelanggan, bisnis dapat mengatasi tantangan saat ini dan mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan, baik selama maupun setelah pandemi.

Inovasi Bisnis Steak Industry Pasca Pandemi dengan Menerbitkan Saham Syariah

Di masa pandemi, saat banyak bisnis F&B kesulitan, Alhamdulillah Steak Industry bisa bertahan dengan baik. Bahkan berhasil menciptakan inovasi yang memberikan dampak sangat positif untuk perusahaan.

Dan akan selalu ada inovasi-inovasi baru yang insya Allah bisa membuat Steak Industry terus tumbuh dan berkembang.

Untuk mengembangkan usahanya agar semakin besar, Chef Hamid mendirikan PT Manshurah Kuliner Nusantara dan akan mengalihkan seluruh aktivitas usahanya dari pribadi ke dalam perseroan serta menggalang pendanaan dengan melepas sebagian kepemilikan sahamnya.

Mau menjadi bagian dari pemilik bisnis Steak Industry? Alhamdulillah saat ini Steak Industry sedang menawarkan saham dengan detail sebagai berikut:

PT MANSHURAH KULINER NUSANTARA (STIK)
📈 Proyeksi imbal hasil 7.70 - 34.20% P.A.

Tertarik untuk ikut berinvestasi di saham STIK? Pastikan untuk daftar dan lengkapi datanya di shafiq.id supaya bisa berinvestasi di sukuknya.

Jadi tunggu apa lagi, yuk kita ikut menjadi bagian dari Investasi Berjamaah, Daftar sekarang juga!
______________________
SHAFIQ adalah ‘mini bursa’ yang mempertemukan para pengusaha UMKM atau Startup dengan para Pemodal. Melalui Platform Investasi Syariah berbasis teknologi digital yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta diawasi DSN-MUI.

Wajib diperhatikan!!
  • Investasi pada efek (saham/sukuk) mengandung risiko tinggi. Pastikan memahami skema bisnisnya melalui prospektus yang disampaikan ya
Share