Berita
Rupiah Melemah, Ini 5 Upaya yang dapat Kita Lakukan
SHAFIQ Administrator
Sabtu, 27-04-24

Rupiah melemah? Ini tipsnya | 2 min read

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS hari ini menyentuh 16.226,85, hingga pekan ini kondisi diprediksi berfluktuasi namun ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan ini.

Menilik sejarah pada pertengahan 1998, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pernah menyentuh titik tertinggi sepanjang masa di Rp 16.650. Hal tersebut menyebabkan munculnya gelombang krisis moneter.

Semoga tidak terulang krisis masa lalu pada tahun ini… Aamiin.

Rupiah yang melemah terhadap dolar AS merupakan fenomena yang sering terjadi dan memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

3 Penyebab Melemahnya RupiaH

  1. Penguatan Indeks Dolar AS
    Ketika indeks dolar AS menguat, nilai tukar rupiah cenderung melemah karena investor akan beralih ke aset-aset yang dihargai dalam dolar AS.

  2. Cuti Lebaran
    Masa cuti Lebaran yang berlangsung beberapa hari di Indonesia dapat mempengaruhi data ekonomi Indonesia tidak dapat dirilis, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif terhadap nilai tukar rupiah.

  3. Tensi Politik di Timur Tengah
    Tensi politik yang tinggi di Timur Tengah seringkali memicu kenaikan harga emas dan minyak. Hal ini dapat menyebabkan naiknya harga impor, yang pada akhirnya mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

3 Efek Melemahnya Rupiah

  1. Naiknya Harga Impor
    Pelemahan nilai tukar rupiah berimbas pada naiknya harga impor. Hal ini disebabkan karena harga impor biasanya akan menyesuaikan dengan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah.

  2. Melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
    Bursa saham Indonesia (IHSG) juga ikut melemah akibat meningkatnya ancaman geopolitik di Timur Tengah yang mengangkat harga minyak dan emas global.
Meskipun kondisi ekonomi sedang bergejolak, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghadapi melemahnya nilai tukar rupiah.

Saat Rupiah Melemah, Berikut 5 Upaya yang dapat Dilakukan

  1. Beli Produk Dalam Negeri
    Dengan membeli produk dalam negeri, berarti bertransaksi dengan rupiah. Hal ini dapat membantu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

  2. Manfaatkan Lindung Nilai (Hedging)
    Transaksi lindung nilai atau hedging dapat membantu membatasi risiko peningkatan biaya produksi yang disebabkan oleh kenaikan nilai tukar dolar AS.

  3. Berinvestasi
    Investasi dalam bentuk emas menjadi pilihan yang cocok ketika nilai tukar rupiah tengah melemah. Harga emas relatif stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Tapi harus tetap mempertimbangkan waktu yang tepat.

  4. Tidak Menimbun Dolar
    Mulai menyimpan uang dalam dolar AS ketika nilai tukarnya sudah tinggi seperti sekarang justru sudah terlambat dan berisiko rugi ketika rupiah mulai menguat. Selain itu, membeli dolar pada masa-masa seperti ini juga memperkuat nilai tukar USD.

  5. Tetap Meminta Pertolongan Kepada Allah
    Hanya kepada Allah sajalah kita meminta pertolongan. Semoga Allah selalu memberikan kita sifat qona’ah dan rasa cukup atas rezeki yang diberikan.
Dengan menyadari penyebab dan efek dari melemahnya nilai tukar rupiah, serta mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menghadapinya, diharapkan kita dapat menjaga stabilitas keuangan pribadi dan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

Semoga Allah memberikan kelancaran bagi rezeki kita.

Investasi syariah melalui platform digital SCF dapat menjadi pilihan investasi untuk masa-masa saat ini. Agar dapat melindungi nilai dan membantu para pengusaha UKM untuk terus menjalani bisnisnya dan dapat terus bertransaksi.

Jadi tunggu apa lagi, yuk kita ikut menjadi bagian dari Investasi Berjamaah, Daftar sekarang juga!
______________________
SHAFIQ adalah ‘mini bursa’ yang mempertemukan para pengusaha UMKM atau Startup dengan para Pemodal. Melalui Platform Investasi Syariah berbasis teknologi digital yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta diawasi DSN-MUI.

Wajib diperhatikan!!
  • Investasi pada efek (saham/sukuk) mengandung risiko tinggi. Pastikan memahami skema bisnisnya melalui prospektus yang disampaikan ya
Share