Berita
Apa isi Prospektus Penawaran Investasi di SCF ?
SHAFIQ Administrator
Jumat, 22-04-22

SHAFIQers Apa kabar?

Sudah tahukan berita yang berseliweran di medsos beberapa minggu ini ?

Yes… betul sekali, banyak korban investasi bodong yang melakukan berbagai tindakan hukum atau pelaporan karena merasa ditipu dan dirugikan oleh para affiliator sebuah platform binary option.

Makanya sangat penting memahami sebuah instrumen investasi dengan meningkatkan literasi serta sumber informasi sebagai pertimbangan sebelum melakukan pengambilan keputusan terhadap sebuah instrumen.

Sering terbesit di benak sebagian orang untuk melakukan investasi, namun tidak jarang juga yang bingung mulai dari mana dan kemana dana mereka sebaiknya diinvestasikan. Apakah anda termasuk salah satunya?

Ketika ingin membuat keputusan investasi sebaiknya kita pahami berbagai penawaran yang sampai kepada kita seperti perkataan Imam Bukhari Imam “Berilmu sebelum berkata dan beramal.” Sehingga kita tidak mengambil risiko yang tidak kita pahami.

Investasi sebaiknya bukan karena ikut-ikutan (FOMO) karena dana yang kita keluarkan adalah milik kita dan apabila terjadi apa-apa pada hal tersebut, maka kita yang akan menanggung risikonya bukan orang lain.

Oleh karena itu, pentingnya membaca dan memahami prospektus sebelum investasi. Lalu, apa sebenarnya prospektus itu dan apa saja isinya?


Pengertian Prospektus

Prospektus adalah seluruh informasi penting dan relevan mengenai penawaran investasi yang ditawarkan Penerbit untuk membantu Pemodal dalam membuat keputusan investasi.


Prospektus pada Penawaran Umum

Prospektus yang disampaikan pada penawaran umum kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedikit berbeda dengan prospektus pada Securities Crowdfunding (SCF). Prospektus yang diterbitkan oleh perusahaan/emiten dalam penawaran umum mencakup beberapa tahapan prospektus, yaitu:

  1. Prospektus Awal
    Prospektus yang diterbitkan saat penawaran awal untuk melihat minat pasar (book building). Prospektus ini merupakan dokumen tertulis yang memuat seluruh informasi dalam Prospektus yang disampaikan kepada OJK sebagai bagian dari pernyataan pendaftaran.

  2. Prospektus Ringkas
    Prospektus ini merupakan ringkasan dari isi Prospektus Awal.

  3. Prospektus Final
    Prospektus final yang memuat setiap informasi tertulis sehubungan dengan Penawaran Umum dengan tujuan agar pihak lain membeli Efek, yang disusun oleh Perseroan bersama-sama dengan Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Prospektus pada SCF

Sedangkan, prospektus yang diterbitkan oleh SCF hanya ada satu jenis prospektus yaitu prospektus yang dipublikasikan melalui platform SCF.


Informasi dalam Prospektus

Informasi yang disampaikan dalam prospektus penawaran umum dan SCF kurang lebih sama, tetapi Prospektus Final lebih rinci dan komprehensif karena lingkup penawaran yang lebih luas. Namun, prospektus yang disusun oleh SCF pun memberikan gambaran yang jelas terkait penerbit dan skema investasi yang ditawarkan. Secara garis besar, informasi yang tercantum dalam prospektus, khususnya prospektus SCF Syariah mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Ringkasan skema investasi
  2. Profil Penerbit
  3. Laporan Keuangan Penerbit
  4. Jenis surat berharga yang ditawarkan
  5. Rencana Penggunaan Dana
  6. Skema bagi hasil
  7. Analisis risiko yang terkait dengan investasi dan juga mitigasinya
  8. Dan informasi lainnya yang bermanfaat bagi calon investor

Dengan membaca dan memahami prospektus, investor menjadi lebih teredukasi dan memiliki informasi yang jelas terkait dengan penerbit. Investor perlu memastikan perusahaan yang akan menerbitkan efek adalah perusahaan yang sehat dan memiliki prospek bisnis yang potensial.

Transparansi terkait rencana penggunaan dana juga penting diketahui oleh investor, khususnya pada investasi syariah agar BEBAS dari GHARAR (ketidakjelasan), DZALIM (ketidakadilan) & RIBA (setiap utang piutang yang ditarik manfaat).

Investor juga perlu untuk memahami segala jenis risiko yang melekat pada perusahaan dan investasi yang ditawarkan dan bagaimana mitigasinya.

Dengan demikian, seluruh informasi di dalam prospektus dapat gunakan oleh investor sebagai bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan investasi.

SHAFIQers demikian penjelasan terkait Isi Prospektus Penawaran Investasi di SCF khususnya Shafiq.id, untuk detail dan penjelasan lengkap silakan download prospektus pada DAFTAR INVESTASI.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa membimbing kita dengan hidayahnya agar senantiasa berada dalam kebenaran dan dijauhkan dari pelanggaran SyariatNYA yang Mulia khususnya dalam hal Muamalah.

Sudah siap berinvestasi ? Silahkan DAFTAR SEBAGAI PEMODAL kemudian Pelajari Prospektus Usaha DAFTAR INVESTASI serta informasi lainnya untuk Berinvestasi secara Aman

Masih belum paham seputar Investasi Syariah ? Silakan cek artikel pilihan kami di Sharia Securities Crowdfunding | SHAFIQ Tingkatkan literasi sebelum memutuskan berinvestasi.

Dapatkan informasi terbaru pilihan dan berbagai event yang meningkatkan pemahaman bidang Investasi Syariah. Yuuks join di Telegram Channel "SHAFIQ - INVESTASI SYARIAH", caranya klik link https://t.me/shafiqid, kemudian join.