Berita
Bagaimana Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 5 Juta?
SHAFIQ Administrator
Rabu, 07-09-22

3 min read
Apa kabar SHAFIQers

Ada hal sederhana yang dapat menjadi sumber ketidakbahagiaan, sering membanding-bandingkan terkait harta dan dunia, hal ini akan membuat kita tidak mudah bersyukur.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim, no. 2963)

Salah satunya adalah membanding-bandingkan gaji, misalkan gaji Rp 5 juta mungkin masih dianggap kecil bagi sebagian orang. Namun, gaji Rp. 5 juta juga dianggap cukup untuk menutupi kebutuhan hidup bagi kebanyakan orang.

Daripada energi dan pikiran digunakan untuk membanding-bandingkan lebih penting bagi kita melakukan perencanaan keuangan yang tepat.

Lalu bagaimana tips dan penyelesaian cara mengatur keuangan dengan gaji 5 juta?, simak caranya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 5 Juta?

  1. Pahami Kondisi Keuangan Rumah Tangga
    Salah satu cara mengelola keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta per bulan adalah dengan memahami kondisi keuangan rumah tangga. Artinya, cobalah untuk merinci pengeluaran rumah tangga selama sebulan.

    Apakah pengeluaran tersebut masih bisa ditutupi dengan pendapatan anda dan pasangan. Jika pengeluarannya lebih besar, maka anda harus merombak manajemen keuangan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

  2. Jangan Tambah Utang Konsumtif
    Adanya utang konsumtif hanya akan menambah pengeluaran pasif anda, bahkan mengurangi kekayaan bersih anda. Usahakan membeli hal-hal bermanfaat, misalnya membeli emas atau modal usaha yang bisa memberikan hasil, sehingga anda juga bisa melunasi utang setiap bulannya. Pastikan bahwa alokasi keuangan untuk membayar utang dan cicilan tidak lebih dari 35 persen.

  3. Menambah Penghasilan Bulanan
    Meningkatkan pendapatan bulanan adalah solusi yang bisa diterapkan jika pengeluaran anda terus bertambah. Anda dapat meningkatkan pendapatan bulanan dengan berbagai cara, salah satunya dengan berinvestasi sesuai kemampuan anda.

    Selain itu, anda juga bisa mencari kerja sampingan atau membangun bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan, agar anda bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan rekreasi, seperti jalan-jalan atau makan makanan favorit.

  4. Sisihkan Tabungan di Awal Bulan
    Cara selanjutnya anda bisa menyisihkan uang tabungan di awal bulan. Agar anda tidak sisa uang bulanan tidak habis terpakai untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan anda.

  5. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan
    Membedakan mana kebutuhan dan keinginan juga merupakan salah satu cara mengelola keuangan. Kebutuhan adalah hal-hal penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti makan, minum, dan lainnya. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang lebih bersifat non-wajib dan hanya memberikan kesenangan sementara.

Itulah ulasan singkat tentang bagaimana cara mengatur keuangan dengan gaji 5 juta yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat. Apakah anda memiliki tips khusus?

Selain 5 tips di atas sangat perlu kita perhatikan hal di bawah ini!


Pentingnya Qana'ah Terhadap Gaji yang Didapatkan?
Sangat penting untuk jangan banding-bandingkan gaji kita dengan orang lain. Nantinya, KITA AKAN LUPA UNTUK BERSYUKUR sehingga kita perlu memiliki sifat Qanaah.
Qanaah berarti ridha (nerimo), yaitu ar-ridhaa’ bil yasiir minal ‘athoo’, rida dengan pemberian yang sedikit.

As-Suyuthi dalam kitab Mu’jam Maqalid Al-‘Ulum menjelaskan bahwa,
“Qanaah itu ridha dengan yang sedikit (kurang dari cukup, tidak bergaya dengan sesuatu yang memang tidak ada, dan merasa cukup dengan yang ada.”)

Al-Munawi berkata,
“Qanaah adalah al-iqtishaar ‘alal kafaaf, merasa cukup dengan yang sedikit.” (Diambil dari Mawsu’ah Nadhrah An-Na’iim, 8:3167-3168)

Semoga harta yang kita terima memberikan keberkahan dan menjadi sumber kebahagiaan karena didapatkan tanpa ada pelanggaran syariah di dalamnya.

Jangan ketinggalan update event & artikel tentang investasi di SCF serta informasi terbaru Penawaran Sukuk dan Saham Syariah.

Apakah SHAFIQers sudah terdaftar sebagai Investor ? Silakan DAFTAR

  • Referensi: Artikel Rumayso.com



Baca juga:
Pengembalian Modal dan Bagi Hasil Sukuk Bulan Juli 2022
Selamat untuk seluruh SHAFIQers yang menjadi pemodal pada penerbit-penerbit tersebut.

Share