Berita
Mengenal Jual Beli dan Hukumnya Dalam Islam
SHAFIQ Administrator
Kamis, 29-09-22

2 min read

Apa kabar SHAFIQers

Perniagaan dalam Islam memiliki keutamaan, hal ini ditegaskan langsung dari Allah dalam Al Qur’an. Allah Ta’ala berfirman, “Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al Baqarah: 275)

Bahkan secara khusus Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendo’akan kepada setiap penjual dan pembeli yang senantiasa memudahkan orang lain dalam perniagaannya.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Semoga Allah merahmati seseorang yang bersikap mudah ketika menjual, ketika membeli dan ketika menagih haknya (utangnya).” (HR. Bukhari no. 2076)

Semoga SHAFIQers mampu membangun bisnisnya dan diberikan keberkahan dengan syarat dijalankan tanpa ada pelanggaran syariah di dalamnya.

Jual Beli = Halal dan Riba = Haram
Mari renungkan Firman Allah Ta’ala,
“Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al Baqarah: 275)

Sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari Rafi’ bin Khadij dia berkata,
“Ada yang bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasulullah, mata pencaharian apakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi).” (HR. Ahmad, Ath Thobroni, dan Al Hakim. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Mengenal Jual Beli dan Hukumnya Dalam Islam

Banyak pertanyaan terkait hukum jual beli dalam Islam, hal ini merupakan wujud kesadaran kaum muslimin terkait pentingnya pengetahuan ilmu syariah dalam praktek jual beli atau muamalah pada umumnya, maka untuk menjawabnya kami hadirkan Kajian Muamalah membahas khusus tentang hal tersebut.

  • Tema: "Mengenal Jual Beli dan Hukumnya Dalam Islam"
  • Rujukan: Kitab Fiqih Muyassar bab Jual Beli


  • Pemateri : Ustadz Aris Munandar, S.S., M.P.I
  • Waktu: Ahad, 2 Oktober 2022 | Pkl 09.00 WIB
  • Media: Zoom, Youtube SHAFIQ TV & KPMi TV
  • Klik https://bit.ly/shafiqkpmi untuk info detail kegiatan SHAFIQ X KPMI

 "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no.1893)

Jangan ketinggalan update Event & Artikel tentang Investasi di SCF serta informasi terbaru Penawaran Sukuk dan Saham Syariah.

Apakah SHAFIQers sudah terdaftar sebagai Investor? Segera DAFTAR



Baca juga:
Rekomendasi Bisnis Rumahan yang Lagi Trending
SHAFIQers yang belum memulai bisnisnya karena modal yang kecil, waktu yang bersifat sambilan serta tenaga yang sisa karena masih aktif sebagai karyawan sebuah perusahaan.

Share