Berita
Tips Liburan Hemat Anti Boncos ala Millenial
SHAFIQ Administrator
Jumat, 09-12-22

3 min read

SHAFIQers mau liburan kemana akhir tahun ini?
Belum ada rencana dan belum persiapan juga… Hati-hati ya nanti Boncos!
Kok bisa sih?

Apa yg dimaksud dengan liburan? Liburan adalah saat yang tepat untuk Anda dan Keluarga untuk mengisi waktu cuti dari pekerjaan dan rutinitas serta sekolah bagi anak Anda, dengan tujuan relaksasi, life balance dan refresh bersama orang yang terdekat.

Kenapa sih harus liburan? Berlibur adalah waktu untuk istirahat dengan melakukan hal yang menyenangkan dan menggembirakan yang sulit dilakukan di saat hari kerja. Sejenak membebaskan diri dari rutinitas atau istilahnya break routine banyak waktu untuk beristirahat dan melakukan banyak hal menyenangkan dengan melakukan kegiatan yang rileks dan membahagiakan.

Bagaimana kondisi liburan akhir tahun 2022? Berdasarkan Survei Jakpat bertajuk Travel Trends 2021 pada November 2021 menyebut 39% responden berencana liburan akhir tahun. Kita ketahui pada tahun lalu pemerintah Indonesia menerapkan PPKM level 3 selama masa liburan Natal dan tahun baru, tepatnya mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2021.

Sedangkan berdasarkan Data dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWT) menyebutkan bahwa pariwisata internasional menunjukan pemulihan yang kuat. Sebanyak 474 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional selama periode Januari hingga Juli 2022, dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2021 dengan total jumlah 175 juta wisatawan. Berdasarkan data pemerintah yang menyebutkan bahwa potensi mobilitas masyarakat jelang Nataru 2022/2023 diprediksi akan mencapai 22,4% dari total populasi nasional.

Gimana… sudah siap liburan?

Tips Liburan Hemat Anti Boncos ala Millenial dan Gen Z
Pernah nggak sih lihat teman upload foto di media sosial lagi jalan-jalan dan menyebabkan kita mengalami FOMO (fear of missing out) alias kudet (kurang update), akhirnya tanpa ba-bi-bu langsung ingin liburan secepatnya tanpa persiapan sebelumnya.

Hal di atas yang terkadang menyebabkan liburan menjadi rentan dengan boros karena tidak ada persiapan dan perencanaan jauh hari. Ini yang akan kita bahas di artikel ini. Bagaimana tips jalan keluar agar liburan yang seharusnya menyenangkan namun diakhiri dengan keadaan finansial yang boncos. Berikut tips singkatnya,

  1. Jangan Liburan dadakan
    Liburan dadakan terjadi karena sikap FOMO tadi ya… karena terprovokasi update status medsos teman membuat jadi ingin buru-buru ikutan juga. FOMO menyebabkan kita jadi tidak memperhatikan kemampuan dan persiapan yang dimiliki. Akhirnya mengambil keputusan yang kurang tepat dalam hal finansial untuk liburan.

  2. Persiapkan tabungan khusus liburan
    Tabungan untuk liburan harus ada agar tidak mengganggu keuangan rutin sehari-hari apalagi harus berutang pinjol ilegal, taubat deh. Misalkan kita ingin liburan hemat ke Bali atau liburan hemat ke Jogja dengan biaya kurang dari 2 juta, maka persiapan jauh hari dengan menabung Rp 200 ribu setiap bulan pada awal tahun.

  3. Pilih destinasi sesuai kemampuan
    Destinasi liburan favorit tahun 2022 menjadi sangat beragam karena liburan yang terhambat pandemi 2 tahun sebelumnya. Sehingga banyak tempat yang ingin dikunjungi namun belum kesampaian. Nah sebelum menentukan destinasi liburan tahun 2022 ini maka perhatikan kemampuan finansial SHAFIQers, jangan memaksakan diri liburan ke destinasi yang jauh namun keuangan tekor, ini tidak bijak namanya.

  4. Tidak berlebihan beli oleh-oleh
    Pernah mengalami nggak sih ketika kita upload foto sedang liburan muncul banyak japrian minta oleh-oleh dari saudara, tetangga hingga teman kantor. Mampu beli oleh-oleh? Silakan jika mampu namun perhatikan kemampuan finansial pasca liburan ya… jangan karena ingin memberi oleh-oleh tapi malah boncos keuangannya. Lebih baik jujur apa adanya kalau bawa dana yang terbatas kecuali mau titip oleh-oleh dengan transfer sejumlah uang sesuai pesanannya.

  5. Siapkan biaya tidak terduga
    Selain mempersiapkan keuangan saat liburan maka jangan lupakan dana darurat yang diluar perkiraan atau perencanaan. Misalkan, sakit ketika sampai di lokasi tujuan atau mengalami hal di luar rencana liburan. Contoh lainnya ketika ada kenaikan tiket pesawat atau kelebihan muatan bagasi di bandara karena tidak memikirkan beban yang ditentukan pihak maskapai.

  6. Lebih awal pesan tiket perjalanan
    Berburu tiket liburan tahun 2022 khususnya akhir tahun dapat dilakukan jauh hari, misal tiket pesawat, kereta apa dan moda transportasi lainnya. Biasanya ada promo khusus bagi konsumen yang membeli tiket liburan tahun ini, manfaatkan hal ini agar anggaran liburan dapat lebih hemat namun tetap perhatikan kenyamanan. Hanya karena mengejar tiket promo namun malah mengalami ketidaknyamanan selama perjalanan liburan.
Demikian artikel singkat terkait Tips Liburan Hemat Anti Boncos ala Millennial. Hal wajib dimiliki ini perlu dipahami oleh para Millenial agar dapat memilih tips yang tepat agar liburan nyaman, tenang, hemat dan tetap anti boncos.

SHAFIQ adalah penyelenggara Layanan Urun Dana Digital Syariah Pertama Berizin di Indonesia. Ingin mendaftar sebagai pemodal atau membutuhkan pendanaan bisnis ? Silakan DAFTAR


Baca juga:
Investasi Saham dan Sukuk Yang Sesuai Dengan Syariat Islam
Ada 2 kriteria yang harus Anda perhatikan ketika hendak berinvestasi saham, yaitu; 
Perusahaannya memiliki usaha yang halal dan Perusahaannya bebas dari utang riba dan pendapatan haram lainnya.
Share