Berita
Mimpi Beli Rumah saat Muda? Ini Tips Mewujudkannya
SHAFIQ Administrator
Jumat, 10-03-23


Mimpi Beli Rumah saat Muda | 3 min read

Apa kabar SHAFIQers?

Investasi bidang properti masih menjadi salah satu investasi jangka panjang yang diminati masyarakat umum. Usia muda adalah waktu yang tepat untuk memulai memiliki rumah sebagai investasi masa depan serta memenuhi kebutuhan tempat tinggal bersama keluarga.

Banyak orang yang memiliki impian untuk membeli rumah, terutama bagi mereka yang masih muda. Namun, seringkali kendala finansial menjadi hambatan untuk mewujudkan mimpi tersebut.

SHAFIQers sudah punya rumah sendiri?
Apakah baru ‘bermimpi’ dan belum terwujud?

Tips Mewujudkan Mimpi Membeli Rumah saat Muda
Memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang, terutama bagi mereka yang masih muda. Namun, untuk membeli rumah baru atau besar seringkali memerlukan biaya yang cukup besar.
Jangan khawatir, masih banyak cara untuk mewujudkan mimpi beli rumah tanpa harus berhutang riba.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri mulai dari menabung dan mempunyai rumah sendiri di usia muda.

Yuk kita bahas!

  1. Tentukan Target dan Buat Rencana
    Langkah pertama untuk memiliki rumah adalah menentukan target dan membuat rencana. Kamu harus memiliki tujuan yang jelas dan realistis, misalnya menentukan harga rumah yang ingin dibeli, lama waktu untuk menabung, dan jumlah uang yang harus ditabung setiap bulannya. Dengan demikian, akan lebih fokus dalam menabung dan mencapai target yang sudah ditetapkan.

  2. Menabung Rutin dan Investasi
    Menabung rutin adalah kunci untuk memiliki rumah di usia muda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menabung, seperti membuka tabungan khusus, mencicil membeli tanah atau investasi jangka panjang. Serta dapat memanfaatkan program menabung dari Lembaga Keuangan Syariah yang sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan.

  3. Kurangi Pengeluaran dan Berhemat
    Untuk bisa menabung dengan lebih cepat, maka perlu untuk memperhatikan pengeluaran bulanan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pengeluaran, seperti menghindari kebiasaan boros, memotong biaya belanja, atau meminimalisir pengeluaran untuk hiburan dan liburan. Kamu juga bisa mencari alternatif lain yang lebih hemat, seperti menggunakan transportasi umum atau memasak sendiri di rumah.

  4. Beli Rumah Tanpa Riba
    Jika tidak ingin menggunakan KPR, maka ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membeli rumah tanpa riba. Salah satunya adalah dengan menggunakan skema jual-beli murabahah. Dalam skema ini, rumah dijual dengan harga yang sudah ditentukan, kemudian dibayar dengan cara angsuran selama beberapa tahun. Selain itu, ada juga skema pembiayaan syariah yang bisa digunakan untuk membeli rumah tanpa riba.

  5. Mencari Rumah Lelang atau Rumah Murah
    Jika kamu memiliki anggaran terbatas, mencari rumah lelang atau rumah murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, pastikan bahwa rumah tersebut layak huni dan tidak memiliki masalah teknis yang serius. Lakukan riset dan perhitungan anggaran ketika membeli rumah murah jika ada biaya renovasi sebelum dapat ditinggali.

  6. Meningkatkan Penghasilan
    Selain menabung secara rutin, kamu juga bisa meningkatkan penghasilan untuk mencapai target membeli rumah. Cari informasi tentang pekerjaan sampingan, usaha kecil-kecilan serta bisnis rumahan yang bisa dilakukan di waktu luang.

Demikian artikel singkat tips mewujudkan mimpi membeli rumah saat muda. Semoga kita diberikan kemampuan memiliki rumah dengan cara yang tidak melanggar syariah sehingga memberikan keberkahan dunia serta akhirat.

SHAFIQ adalah perusahaan penyelenggara securities crowdfunding syariah yang berizin dan diawasi OJK serta DSN-MUI. Sebagai SCF Syariah memberikan penawaran dalam bentuk sukuk serta saham syariah dengan jangka waktu investasi yang sesuai dengan profil risiko kamu.
______________________
Ingin menjadi pemodal Investasi Syariah atau membutuhkan Permodalan Syariah untuk bisnis kamu? Silakan DAFTAR dan segera lengkapi data diri kamu


Baca juga:
Belajar Investasi yang Menguntungkan, Inilah Cara Memulainya?
Padahal investasi akan selalu muncul 2 kemungkinan, untung atau rugi. Temukan pembahasannya secara ringkas.
Share