Berita
Kenapa Harus Berinvestasi dengan Uang Dingin ?
SHAFIQ Administrator
Selasa, 08-02-22

Dilansir dari Republika.co.id terungkap sebuah data yang dirilis Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa Kerugian yang dialami masyarakat yang diakibatkan tergiur dan terjebak investasi ilegal sejak tahun 2011 hingga 2021 mencapai Rp 117,4 triliun dengan korban mencapai jutaan orang. ( Selasa 18 Jan 2022 17:22 WIB)

Modus yang muncul adalah janji keuntungan berlipat dalam berinvestasi.  Sering muncul iklan yang mengklaim investasi tanpa risiko agar masyarakat tergiur, padahal legalitas tidak jelas, dan tidak memiliki izin usaha. Kalaupun memiliki izin kelembagaan seperti perseroan terbatas, koperasi, yayasan dan lain-lain, tapi tidak memiliki izin usaha.

Nah hal ini musti menjadi pengetahuan dasar bagi para investor khususnya pemula. Salah satu poin penting agar tidak mudah tergiur dan mengganggu keuangan keluarga Anda maka lakukan riset secara mendalam dan gunakan uang dingin.

Definisi Uang Dingin

Uang dingin atau Cold Money adalah uang yang sudah tidak digunakan untuk kebutuhan atau dikenal juga sebagai uang mati atau uang menganggur. Biasanya istilah ini banyak digunakan oleh para investor ketika akan berinvestasi pada sebuah bidang usaha atau investasi. 

Istilah uang dingin ini sering masuk dalam pembahasan pada kesalahan para investor pemula ketika berinvestasi yaitu, terlalu ingin cepat kaya, emosional dan mudah terpengaruh kemudian tidak menggunakan uang dingin saat berinvestasi

Sebagian besar investor akan menggunakan uang lebih dari kebutuhan yang tidak akan digunakan dalam waktu dekat, sehingga ketika mengalami kerugian tidak menimbulkan penyesalan yang dapat mengganggu kebutuhan utama keluarga. 

Penting! Gunakan uang dingin saat berinvestasi

Ketika hasrat ingin cepat meraih keuntungan dan kaya raya terkadang melupakan hal penting dalam berinvestasi. Kenapa harus menggunakan uang dingin untuk berinvestasi? Karena memang investasi memiliki risiko. Risiko dalam berinvestasi sangat beragam dan sebanding dengan return yang diinginkan. Maka perlu dipahami bahwa kemungkinan rugi itu akan selalu ada. Ketika anda terjun di dunia investasi selain berharap keuntungan maka harus siap menerima kerugian.

Anda saat ini mungkin sudah memahami risiko dalam investasi, yaitu siap menerima kerugian, tapi jangan sampai kerugian tersebut mengganggu kebutuhan pokok atau utama keluarga. Tentu akan sangat berbahaya bagi masa depan hubungan dalam keluarga. Tidak sedikit kasus renggangnya hubungan pasutri karena kesalahan dalam berinvestasi yang berdampak pada keuangan keluarga. Bahkan ditemukan berbagai kasus bunuh diri disebabkan tidak mampu dalam memahami manajemen keuangan.

Pilih investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda

Kesimpulannya adalah penggunaan uang dingin dalam investasi itu wajib. Wajib karena itu adalah salah satu jalan untuk melindungi budgeting plan yang telah anda buat. 

Sekarang besaran uang dingin setiap orang tentu akan berbeda-beda sesuai dengan penghasilan serta pengeluaran yang dimilikinya. 

Hal ini akan menentukan nilai investasi yang akan dilakukan sehingga menentukan investasi yang sesuai harus merujuk kepada kemampuan finansial Anda.

SHAFIQ memiliki pilihan investasi bagi Anda berupa Sukuk Syariah yang dapat dimulai dari satu juta rupiah. Mengapa sukuk syariah ? Ada beberapa poin yang dapat dipahami :

  1. Menerapkan skema yang sesuai dengan akad-akad muamalah dalam syariat Islam. Dan tidak boleh ada GHAIB (gharar, zalim, riba) di dalamnya.
  2. Secara definisi, sukuk lebih mirip kepada saham daripada obligasi. Yaitu surat tanda penyertaan modal terhadap suatu proyek atau aset.
  3. Harus dari proyek atau aset yang halal dan tidak ada larangan dalam syariat islam.

Dalam berinvestasi, pastikan selalu mencari yang aman serta halal ya. Karena ada hal yang lebih penting dari banyaknya harta, yaitu keberkahan dari harta tersebut. Dengan harta yang berkah, insya Allah akan memberikan dampak positif bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Demikianlah penjelasan singkat Kenapa harus berinvestasi dengan uang dingin ? sebagaimana SHAFIQ dalam hal ini sebagai Securities Crowdfunding Syariah di Indonesia yang Pertama yang Dapat Izin OJK juga mengedepankan hal tersebut. Hal ini akan terus kami edukasikan kepada para investor maupun pemodal agar menggunakan uang dingin dalam berinvestasi.


Berminat menjadi pemodal atau penerbit di shafiq.id . Silakan DAFTAR kemudian pelajari detailnya secara lengkap. Jika masih ada pertanyaan silahkan hubungi email : [email protected]

Share