Berita
Memahami Pasar Fesyen Muslim: Peluang dan Tantangan
SHAFIQ Administrator
Rabu, 15-11-23

Peluang Fesyen Muslim | 2 min read

Industri fesyen Muslim telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir, menjadi salah satu segmen penting di pasar fesyen global. Dengan populasi Muslim yang luas dan beragam di seluruh dunia, pasar fesyen Muslim menawarkan peluang besar dan sejumlah tantangan yang unik.

Sebuah kabar gembira datang dari laporan State of the Global Islamic Economy Report Tahun 2022, Indonesia menempati peringkat ketiga pada indikator modest fashion setelah Uni Emirat arab dan Turki.

Mengutip cnbcindonesia, sejalan dengan pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menargetkan ekspor baju muslim melonjak sampai dua kali lipat di tahun 2023. "Sekarang nilai ekspor dari US$ 2 miliar, kemarin jadi US$ 2,4 miliar, naik 30%. Kita berharap (baju muslim) naik 100% tahun mendatang dari tahun ini," kata Zulhas di Auditorium Kementerian Perdagangan, Selasa (23/8/2022).

Apakah SHAFIQers tertarik untuk terjun di industri ini? Sebelumnya mari kita bahas apa saja peluang dan tantangan bisnis fesyen muslim di Indonesia.

Baca Juga: Cara Meminimalisir Kerugian dalam Bisnis

4 Peluang dalam Pasar Fesyen Muslim

Setiap potensi pasar tentu memiliki peluang yang menarik, asalkan kita dapat menangkap peluang tersebut dan mewujudkannya dalam berbagai strategi dengan tujuan yang ditetapkan. Apa saja peluangnya?

  1. Pertumbuhan Pasar Global
    Perkembangan pasar fesyen Muslim tidak hanya terbatas pada negara-negara mayoritas Muslim, tetapi juga menarik perhatian di pasar global. Hal ini berkontribusi pada pertumbuhan industri ini secara signifikan, Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga pada indikator modest fashion setelah Uni Emirat arab dan Turki.

  2. Diversifikasi Tren dan Desain
    Desain yang lebih modest dan memadukan tren fesyen terkini menawarkan peluang besar. Perkembangan desain yang mencakup atasan longgar, dress, hijab, dan aksesoris fashion Muslim yang kreatif telah menjadi daya tarik bagi konsumen dari berbagai latar belakang.

  3. Inovasi Teknologi
    Penerapan teknologi dalam produksi, pemasaran, dan penjualan produk fesyen Muslim memberikan peluang besar untuk mencapai konsumen dengan cara yang lebih efektif.

  4. Keterlibatan Influencer dan Komunitas
    Peran influencer dan komunitas online telah menjadi pendorong utama dalam memperluas jangkauan dan popularitas produk fesyen Muslim. Gelombang keadaran atas syariat Islam dikalangan public figur ikut mendorong semakin diminatinya fesyen muslim di kalangan masyarakat umum.
Baca Juga: Menghadapi Tantangan Finansial dalam Bisnis: Cara Mengatasi Hambatan Modal

Namun dalam bisnis tetap akan ditemui hambatan serta tantangan di dalamnya, hal ini tidak dapat dihindari namun ada strategi untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut. Apa saja tantangannya?

5 Tantangan dalam Pasar Fesyen Muslim

  1. Diversitas Kebutuhan Konsumen
    Pasar fesyen Muslim melibatkan konsumen dengan preferensi dan kebutuhan yang beragam. Menyediakan pilihan yang luas sambil tetap mempertahankan identitas yang khas menjadi tantangan tersendiri.

  2. Penyesuaian dengan Standar Keberagaman
    Industri fesyen Muslim juga dihadapkan pada tantangan untuk menyesuaikan produk dengan standar keberagaman dan inklusivitas tanpa kehilangan esensi dan nilai-nilai dari pakaian Muslim.

  3. Pengelolaan Persediaan dan Distribusi
    Menjaga ketersediaan produk yang konsisten sambil menjaga keberlanjutan dalam produksi merupakan tantangan yang harus diatasi oleh pelaku bisnis fesyen Muslim.

  4. Tantangan Kreativitas dan Inovasi
    Industri fesyen, termasuk fashion Muslim, memerlukan inovasi terus-menerus. Menjaga kreativitas sambil memenuhi kebutuhan pasar merupakan tantangan utama.

  5. Permodalan dan Pendanaan Project
    Terjadinya peningkatan kebutuhan akan fesyen muslim ternyata memberikan hambatan permodalan bagi sebagian pengusaha. Ketersedian dana untuk proses produksi dan belanja bahan baku, cukup membuat para pelaku bisnis harus berpikir lebih keras. Dibutuhkan strategi khusus untuk menanamkan trust para calon investor.
Baca Juga: 10 Dukungan yang Dapat Kamu Berikan untuk Pebisnis Pemula

Bagaimana ada gambaran? Sudah ingin memulai?

Solusi Tantangan Permodalan melalui Layanan Urun Dana Syariah

Industri fesyen Muslim merupakan pasar yang dinamis dengan peluang pertumbuhan yang besar. Namun, menghadapi tantangan seperti kebutuhan konsumen yang beragam, menyesuaikan standar keberagaman, manajemen distribusi, dan kebutuhan akan inovasi memerlukan perhatian dan kerja keras.

Keseimbangan antara kebutuhan konsumen dan keberlanjutan bisnis menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi dinamika pasar fesyen Muslim.

Hambatan permodalan saat ini dapat diatasi dengan munculnya berbagai platform pendanaan dengan skema crowdfunding atau urun dana. Salah satunya adalah SHAFIQ, penyelenggara layanan urun dana berbasis digital berlandaskan syariah.

Jika bisnismu saat ini membutuhkan permodalan? Dapat melakukan pengajuan pendanaan melalui SHAFIQ, skema yang dijalankan Insya Allah tidak bertentangan dengan prinsip syariah.
______________________
SHAFIQ adalah ‘mini bursa’ yang mempertemukan para pengusaha UMKM atau Startup dengan para Pemodal. Melalui Platform Investasi Syariah berbasis teknologi digital yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta diawasi DSN-MUI.

  • Saatnya ini SHAFIQ menawarkan 2 jenis efek kepada para pemodal, yaitu saham dan sukuk. SHAFIQers sudah pernah investasi di efek yang mana nih?
  • Yuk Pahami profil risiko agar membantumu menentukan instrumen investasi yang tepat. Kalau Kamu masuk kategori profil risiko yang mana nih?
Share