Berita
10 Lowongan Kerja Paling Banyak Dicari, No 5 Masih Fresh
SHAFIQ Administrator
Rabu, 22-05-24

Lowongan Kerja 2024 | 2 min read

Mencari lowongan pekerjaan terbaru pada tahun 2024 bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama di era digital yang serba cepat ini. Namun, dengan informasi yang tepat, SHAFIQers bisa menemukan lowongan kerja yang paling banyak dicari dan sesuai dengan keahlian.

Informasi lowongan pekerjaan 2024 menjadi kebutuhan mendesak saat ini. Ternyata permintaan terhadap tenaga kerja dengan keahlian khusus semakin meningkat. 

Baca juga: Inspirasi Gen-Z! 5 Jenis Usaha serta Investasi yang Tahan Banting

Media sosial Kementerian Ketenagakerjaan RI merilis 10 lowongan kerja yang paling banyak dicari saat ini. Silakan cek dan temukan peluangnya!

  1. Pengembang Perangkat Lunak
    Permintaan untuk pengembang perangkat lunak terus meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Pengembang perangkat lunak memainkan peran penting dalam menciptakan dan memelihara aplikasi yang digunakan oleh berbagai industri. Keahlian dalam bahasa pemrograman seperti C++, Python, dan Java sangat dibutuhkan.

  2. Pembuat Konten Media Digital
    Menghadirkan konten yang kreatif dan menarik akan mampu menarik perhatian audiens. Pembuat konten media digital dituntut untuk memiliki keahlian komunikasi yang kuat dan kreativitas yang tinggi. Mereka bertanggung jawab untuk menghasilkan berbagai jenis konten, mulai dari tulisan, gambar, hingga video yang dapat menarik perhatian dan mendukung strategi pemasaran digital perusahaan.

  3. Analis Data
    Data adalah aset berharga dalam pengambilan keputusan bisnis. Analis data bertugas mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk memberikan wawasan yang mendukung strategi bisnis. Keahlian dalam menggunakan alat analisis data seperti MySQL, Python, dan software statistik lainnya sangat dibutuhkan.

  4. Ahli Keamanan Siber
    Dengan meningkatnya ancaman siber, ahli keamanan siber menjadi salah satu profesi yang sangat dicari. Mereka bertanggung jawab untuk melindungi sistem dan informasi dari serangan siber. Pengetahuan mendalam tentang firewall, konfigurasi jaringan, dan teknik enkripsi sangat diperlukan. Keahlian ini penting untuk menjaga integritas dan keamanan data perusahaan.

  5. AI Engineer atau AI Specialist
    Teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin berkembang dan menjadi bagian integral dari berbagai industri. AI Engineer atau AI Specialist berperan penting dalam pengembangan dan implementasi solusi AI. Mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang machine learning, deep learning, dan pemrograman AI. Keahlian ini sangat fresh dan relevan dengan tren teknologi terkini, menjadikannya salah satu profesi yang paling menarik di tahun 2024.

    Baca juga: Tips Investasi Properti untuk Milenial dan Gen Z

  6. Perawat
    Profesi perawat selalu dibutuhkan, terutama dengan adanya peningkatan kesadaran akan kesehatan masyarakat. Perawat bertanggung jawab untuk merawat pasien dan memantau proses penyembuhan mereka. Untuk menjadi perawat, seseorang harus memiliki sertifikat keperawatan dan surat tanda registrasi. Keahlian interpersonal yang kuat juga penting untuk memberikan perawatan yang empatik dan efektif.

  7. Manajer Media
    Manajer media bertanggung jawab mengelola operasional harian di fasilitas pelayanan kesehatan. Mereka memastikan semua proses berjalan lancar dan efisien. Keterampilan manajemen, komunikasi, dan pemecahan masalah sangat diperlukan untuk sukses dalam peran ini. Pengalaman dalam industri kesehatan merupakan nilai tambah yang signifikan.

  8. Manajer Keuangan
    Manajer keuangan memiliki peran penting dalam mengelola anggaran bisnis, investasi, dan laporan keuangan. Mereka harus memiliki keterampilan berpikir analitis yang kuat dan pemahaman mendalam tentang keuangan. Keahlian ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan finansial yang tepat dan mendukung pertumbuhan bisnis.

  9. Pengembang Web
    Dengan semakin banyaknya bisnis yang beralih ke online, pengembang web menjadi sangat dibutuhkan. Mereka fokus pada pengembangan dan pemeliharaan situs web, memastikan situs tersebut berfungsi dengan baik dan user-friendly. Keahlian dalam coding, UX/UI, HTML, dan CSS sangat dibutuhkan. Selain itu, pemahaman tentang SEO juga merupakan nilai tambah yang signifikan.

  10. Analis Manajemen Bisnis
    Analis manajemen bisnis bertugas memastikan kemajuan bisnis dan pendapatan perusahaan tetap optimal. Mereka menganalisis data untuk memberikan masukan yang berharga seputar pertumbuhan bisnis. Keahlian dalam analisis data dan pemahaman tentang strategi bisnis sangat diperlukan. Profesi ini penting untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang berdampak positif terhadap perkembangan bisnis.
Tahun 2024 menawarkan banyak peluang karir yang menjanjikan. Dengan keterampilan yang tepat, SHAFIQers bisa meraih salah satu dari lowongan kerja paling dicari ini dan membangun karir yang sukses.

Baca juga: Panduan Keuangan untuk Generasi Sandwich, Ini Jalan Keluarnya

4 Tips Mencari Lowongan Kerja di Era Digital

Menemukan pekerjaan yang sesuai keahlian saat ini menjadi semakin mudah serta praktis. Optimalkan penggunaan berbagai aplikasi yang telah mendukung para pencari pekerja saat ini.

  1. Optimalkan Profil LinkedIn
    Pastikan profil LinkedIn lengkap dan profesional. Gunakan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan.

  2. Networking
    Bangun jaringan dengan profesional di industri yang diminati. Bergabunglah dengan berbagai komunitas keahlian atau bisnis serta menghadiri event-event yang relevan dengan perkembangan keahlianmu.

  3. Terus Belajar Skill Baru
    Ikuti berbagai e-course untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di pasar kerja. Pantau terus berbagai insight positif di media sosial seperti Youtube yang menghadirkan narasumber kompeten.

  4. Aplikasi Pekerjaan Online
    Gunakan platform seperti JobStreet, LinkedIn Jobs, dan Glassdoor untuk menemukan lowongan kerja yang sesuai. Update terus perkembangan karir dan perjalanan pendidikan agar semakin menarik dan berkesan.
Dengan mengikuti tips di atas dan mencari pekerjaan dalam profesi yang paling banyak dicari, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan memulai karir yang sukses.

Semoga dengan meraih pekerjaan yang sesuai keahlian akan mampu meningkatkan kesehatan finansial serta memberikan keberkahan dalam harta. Jangan lupa untuk merencanakan keuangan keluarga dengan menabung dan berinvestasi.

Alhamdulillah SHAFIQ sebagai Penyelenggara Layanan Urun Dana Syariah Pertama yang telah mendapatkan Izin dari OJK dan diawasi DSN MUI. Telah mempertemukan ribuan investor dengan ratusan pengusaha dalam platform investasi syariah digital.

Jadi tunggu apa lagi, yuk kita ikut menjadi bagian dari Investasi Berjamaah, Daftar sekarang juga!
______________________
SHAFIQ adalah ‘mini bursa’ yang mempertemukan para pengusaha UMKM atau Startup dengan para Pemodal. Melalui Platform Investasi Syariah berbasis teknologi digital yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta diawasi DSN-MUI.

Wajib diperhatikan!!
  • Investasi pada efek (saham/sukuk) mengandung risiko tinggi. Pastikan memahami skema bisnisnya melalui prospektus yang disampaikan ya!
Share