Berita
Perbedaan Capital Gain dan Dividen yang Wajib dipahami Pemodal
SHAFIQ Administrator
Jumat, 20-05-22

3 min read

SHAFIQers Apa kabar?

Mau bermain Saham ?

Apa saja keuntungan Saham ?

SHAFIQ salah satu produk investasinya adalah penerbitan SAHAM yang tentu saja Syariah sehingga tidak ada pelanggaran di dalamnya, khususnya RIBA. Sebelum memutuskan trading Saham maka silakan pahami 2 jenis keuntungan yang akan Anda dapatkan.


Daftar Isi Artikel :

Pengertian Saham

Saham adalah bukti kepemilikan atau penyertaan modal investor pada suatu perusahaan. Saham merupakan instrumen investasi jangka panjang karena kepemilikan tidak akan selesai sampai investor menjual sahamnya atau perusahaan ditutup.

Terdapat dua sumber keuntungan atau imbal hasil yang bisa anda dapatkan saat anda berinvestasi di saham syariah yaitu capital gain (keuntungan modal) dan dividen.

Mari simak perbedaan dari keduanya.


Apa yang dimaksud dengan Capital Gain ?

Capital (modal) adalah dana pada awal investasi. Jadi, capital gain adalah keuntungan yang terjadi ketika suatu investasi dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembelian semula. Investor tidak bisa memperoleh capital gain sampai dia menjual aset investasinya. Realisasi keuntungan ini dapat dilakukan oleh investor di pasar sekunder.

Sebaliknya, capital loss terjadi ketika ada penurunan nilai aset investasi dibandingkan dengan harga pembelian. Seorang investor tidak mengalami capital loss sampai menjual aset investasi dengan harga yang lebih murah.


Apa yang dimaksud dengan Dividen ?

Dividen adalah imbalan yang diberikan kepada pemegang saham yang telah menanamkan modalnya pada suatu perusahaan, umumnya dividen dibagikan dari laba bersih perusahaan. Perusahaan menyimpan sebagian besar keuntungan sebagai laba ditahan, yaitu dana yang akan digunakan untuk kegiatan bisnis yang sedang berlangsung dan masa depan. Namun, sisanya sering diberikan kepada pemegang saham sebagai dividen.

Perusahaan dapat membayar dividen pada frekuensi yang dijadwalkan, seperti bulanan, triwulanan, setengah tahunan, atau tahunan. Jadwal pembayaran dividen tidak menentu, terkadang perusahaan tidak membayarkan dividen walaupun pada tahun tersebut mengalami peningkatan laba. Hal ini bisa terjadi karena mungkin perusahaan ingin menggunakan labanya untuk pengembangan usaha.


Perbedaan Capital Gain dan Dividen yang Wajib dipahami



DividenCapital Gain
DefinisiPembagian sebagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang saham.Keuntungan yang diperoleh ketika menjual saham dengan harga yang lebih tinggi.
JumlahDitentukan ketika Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)Ditentukan dari jumlah lembar saham yang dimiliki
Periode PendapatanTidak tentu, tergantung jadwal sesuai dengan kesepakatan ketika RUPS

Dapat diperoleh sewaktu-waktu atau kapanpun pemegang saham menjual sahamnya di saat harganya mengalami kenaikan*

Keputusan PembagianDitentukan oleh penerbit dan pemegang saham ketika RUPS.Ditentukan oleh pemegang saham.

*) Saham di SCF dapat diperjualkan belikan setelah listing satu tahun di platform SCF



Demikianlah penjelasan singkat tentang Perbedaan Capital Gain dan Dividen yang Wajib dipahami Pemodal ? SHAFIQ dalam hal ini sebagai Securities Crowdfunding Syariah di Indonesia yang Pertama yang Dapat Izin OJK serta diawasi DSN MUI akan terus mengedukasikan kepada para investor maupun pemodal agar tetap memiliki literasi yang baik dalam memahami instrumen investasi.

Sudah siap berinvestasi? Silahkan DAFTAR SEBAGAI PEMODAL kemudian Pelajari Prospektus Usaha DAFTAR INVESTASI serta informasi lainnya untuk Berinvestasi secara Aman

Masih belum paham seputar Investasi Syariah? Silahkan cek artikel pilihan kami di Artikel seputar Securities Crowdfunding, tingkatkan literasi sebelum memutuskan berinvestasi.




Baca juga:

5 Alasan Investasi di Bisnis Properti

Sudah siap berinvestasi di SEKTOR PROPERTI? Silahkan Pelajari Prospektus Usaha PT Tigosaka Putra Land serta informasi lainnya untuk Berinvestasi secara Aman

Share