Berita
Membangun Perekonomian Umat Tanpa Pelanggaran Syariat
SHAFIQ Administrator
Jumat, 03-06-22

2 Min Read
Apa kabar SHAFIQers?

Apa yang dimaksud dengan ekosistem bisnis?

Diskusi dan implementasi ekosistem bisnis sudah menjadi pembicaraan sejak tahun 2000-an. Hal ini dianggap sebagai strategi cerdas untuk mempertahankan dan melakukan kemajuan dalam bisnis dengan membentuk sebuah ekosistem yang saling mendukung.

Banyak kajian menyebutkan bahwa Ekosistem bisnis merupakan sebuah jaringan lintas sektor yang saling terhubung antara pemasok, produsen distributor, konsumen, kompetitor, lembaga pemerintah, dan berbagai pihak yang terlibat dalam penyampaian sebuah produk atau layanan melalui persaingan dan kerja sama.

Alhamdulillah SHAFIQ @shafiq.id berkolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia @kpmiofficial Semoga dengan kolaborasi ini bisa membuat ekosistem muamalah syariah di Indonesia bisa lebih baik lagi. Siapa yang sudah siap untuk men-scale up bisnisnya?

Mengenal Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia
KPMI atau lebih dikenal sebagai Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia telah hadir sejak tahun 2010 di Bogor. Sebuah komunitas yang terdiri dari para pengusaha muslim dengan bimbingan para asatidzah yang memiliki pemahaman keilmuan bidang muamalah.

KPMI berharap dapat menjadi wadah para pengusaha untuk mendalami ilmu Syariah khususnya dalam bab muamalah yang tidak melanggar ketentuan Islam dan sesuai dengan petunjuk Rasulullah.

Salah satu program kerja KPMI adalah menyebarkan ilmu dan pemahaman yang baik terkait akidah dan syariah serta berbagai keilmuan bisnis yang menunjang kemajuan para anggotanya.

Berbagai informasi terkait kegiatan KPMI dapat diakses melalui website resminya di kpmi.or.id atau melalui instagram @kpmiofficial

Membangun Perekonomian Umat Tanpa Pelanggaran Syariat
Sebagai bentuk semangat memberikan edukasi serta literasi dalam investasi dan bisnis, SHAFIQ sebagai Securities Crowdfunding Syariah Pertama berizin OJK dan diawasi DSN-MUI melakukan kolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) dalam kegiatan bersama.

Kegiatan bersama ini diatur dalam sebuah MoU yang telah ditandatangani pada beberapa waktu yang lalu antara pihak SHAFIQ dan KPMI. Hal ini menjadi penguat ukhuwah dan kerjasama yang dilandaskan pada profesionalitas dan tolong menolong dalam kebaikan.

Kegiatan Bersama SHAFIQ dan KPMI
Hingga saat ini telah terlaksana berbagai kegiatan dengan tema-tema menarik yang bermanfaat bagi para pengusaha muslim di Indonesia, berikut diantaranya :

Kajian Fiqih Muamalah
  1. Meraih Keuntungan dan Berkah dari Investasi yang tidak melanggar Syariah bersama Ustadz Muhammad Yassir, Lc., MH.

  2. Permodalan yang Sesuai Syariah untuk Bisnis yang Lebih Berkah bersama Ustadz Dr Sufyan Baswedan, Lc., MA.

  3. Kenali Pelanggaran Syariat dalam Investasimu bersama DR Aris Munandar, S.S., M.P.I

  4. Mewaspadai Bahaya dan Jebakan Riba dalam Permodalan Usaha bersama Ustadz Said Yai Ardiyansyah, M.A

Terjalin juga sebuah event bisnis dengan tajuk Bincang Bisnis dan Investasi, sebagai berikut :
  1. Mendapatkan Modal Bisnis, Tanpa Bank, Tanpa Riba, Tanpa Gharar bersama Kevin Syahrizal (Co-Founder & CEO SHAFIQ)

  2. Berkenalan Dengan Platform Investasi dan Penawaran Bisnis yang Sesuai Syariah bersama Rachmat Sutarnas Marpaung (Ketua Umum KPMI Pusat) dan Arief Luqman Hakim (VP of Business SHAFIQ)
Informasi kegiatan dan rekaman dapat diakses melalui https://bit.ly/shafiqkpmi

Semoga kolaborasi ini dapat memberikan inspirasi dan gagasan lebih baik lagi untuk meningkatkan serta memajukan ekosistem muamalah syariah di Indonesia

Sudah siap berinvestasi? Silahkan DAFTAR SEBAGAI PEMODAL kemudian Pelajari Prospektus Usaha DAFTAR INVESTASI serta informasi lainnya untuk Berinvestasi secara Aman

Masih belum paham seputar Investasi Syariah? Silahkan cek artikel pilihan kami di Artikel seputar Securities Crowdfunding, tingkatkan literasi sebelum memutuskan berinvestasi.

Dapatkan informasi terbaru pilihan dan berbagai event yang meningkatkan pemahaman bidang Investasi Syariah. Yuuks join di Telegram Channel "SHAFIQ - INVESTASI SYARIAH", caranya klik link https://t.me/shafiqid, kemudian join.


Baca juga:
Bagaimana Cara Menerbitkan Saham di SCF ?
Saat ini telah hadir Securities Crowdfunding sebagai Solusi Modal Usaha untuk UMKM untuk membantu peningkatan kemajuan perekonomian di tengah masyarakat.