Berita
Bagaimana cara membuat bisnis start up?
SHAFIQ Administrator
Kamis, 09-06-22

3 min read

Apa kabar SHAFIQers?

Banyak yang mengatakan bahwa cara membuat start up di indonesia sangat sulit. Mulai dari mencari ide hingga masalah pendanaannya. Namun, jika anda ingin mencoba membuat perusahaan startup sendiri dari nol, ada beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan.

Securities Crowdfunding (SCF) Syariah sebagai sebuah lembaga keuangan berbasis teknologi atau dikenal sebagai perusahaan financial technology (Fintech) semakin menunjukkan perkembangan positif di tanah air. SCF Syariah saat ini menjadi solusi bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan permodalan dengan skema penerbitan saham dan sukuk syariah.

SHAFIQ sebagai Securities Crowdfunding Syariah di Indonesia yang Pertama yang Dapat Izin OJK serta diawasi DSN-MUI akan terus memberikan edukasi kepada para UMKM sebagai calon penerbit agar tetap menjalankan bisnis berdasarkan aturan yang ditetapkan pemerintah serta berdasarkan syariat agar hadir keberkahan harta.

Cara Membuat Start Up di Indonesia

  1. Memiliki Wawasan Teknologi
    Memang tidak ada kewajiban bagi sebuah startup untuk berorientasi pada teknologi dan sistem informasi. Tapi, saat ini semua bisnis sudah berbasis teknologi, jadi penggunaan teknologi itu penting dalam bisnis. Apalagi jika anda menjalankan startup digital.

  2. Mencari Masalah dan Solusinya
    Pada dasarnya, start up adalah perusahaan yang menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat sehari-hari. Oleh karena itu, anda bisa mulai memikirkan konsep startup anda dari apa yang anda rasakan sebagai masalah dan perlu diselesaikan dengan bantuan teknologi.

  3. Menentukan Rencana
    Modal merupakan syarat penting dalam membuat sebuah startup. Dengan modal tersebut, maka setidaknya anda sudah memiliki landasan yang kokoh dalam membangun sebuah startup. Jadi tentukan bagaimana sistem modal perusahaan anda dan tujuannya.

  4. Membangun Hubungan
    Startup membutuhkan pihak lain untuk terus bertahan dan berkembang, apalagi jika anda benar-benar membangun startup dari nol. Oleh karena itu, anda membutuhkan relasi dengan berbagai pihak dan terus mengembangkan jaringan anda.

    Dengan relasi yang luas, anda memiliki banyak peluang untuk berkolaborasi dengan pihak lain untuk menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan.

  5. Selalu Konsisten
    Setiap usaha yang dimulai dengan persiapan yang matang tentunya akan meningkatkan efektivitas usahanya. Sebagai pebisnis, anda dituntut untuk terus berkreasi dengan strategi baru atau memperbaiki strategi sebelumnya. Perlunya konsistensi ini agar pelanggan mudah mengenali bisnis anda.

  6. Sabar
    Kesuksesan tidak akan datang dengan cepat, karena semua pasti butuh proses. Banyak perusahaan besar meskipun bukan startup yang meraih kesuksesan dalam jangka panjang yang harus dijadikan sebagai contoh. Itulah cara membuat start up di indonesia yang bisa anda lakukan, semoga berhasil.

Sudah siap berinvestasi? Silahkan DAFTAR SEBAGAI PEMODAL kemudian Pelajari Prospektus Usaha DAFTAR INVESTASI serta informasi lainnya untuk Berinvestasi secara Aman

Masih belum paham seputar Investasi Syariah? Silahkan cek artikel pilihan kami di Artikel seputar Securities Crowdfunding, tingkatkan literasi sebelum memutuskan berinvestasi.

Dapatkan informasi terbaru pilihan dan berbagai event yang meningkatkan pemahaman bidang Investasi Syariah. Yuuks join di Telegram Channel "SHAFIQ - INVESTASI SYARIAH", caranya klik link https://t.me/shafiqid, kemudian join.



Baca juga :

Value investing vs Growth Investing

Mungkin terdengar asing di telinga investor pemula. Akan tetapi, kedua strategi investasi ini dapat dikatakan dua strategi yang paling umum digunakan oleh investor pasar modal