Berita
Bagaimana Perkembangan Industri Halal Global ?
SHAFIQ Administrator
Selasa, 12-07-22

3 min read

SHAFIQers Apa kabar ?

Makanan halal membuat hidup berkah ?

Bagaimana ceritanya sih… makanan aja diatur sampai segitunya, yang pentingkan bersih, higienis dan bergizi.

Ettsss…. tunggu dulu ya, jangan terburu-buru sebelum memahami maksudnya. Ternyata soal makanan juga diatur secara detail dalam Islam.

Banyak hikmah dan manfaat dengan mengkonsumsi makanan halal dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah manfaat makanan halal akan menjadi sebab mudahnya kita melakukan amal kebaikan.

Hikmah Makanan Halal bagi Manusia

Sebagaimana firman Allah Ta’ala, “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang thoyyib (yang baik), dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mu’minun: 51).

Para ulama Salaf memberikan penjelasan terhadap ayat di atas sebagai berikut :

Sa’id bin Jubair dan Adh Dhahhak mengatakan bahwa yang dimaksud makanan yang thoyyib adalah makanan yang halal (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir, 10: 126).

Ulama yang dikenal sebagai Ahli Tafsir Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Allah Ta’ala pada ayat ini memerintahkan para rasul ‘alaihimus sholatu was salaam untuk memakan makanan yang halal dan beramal sholeh. Penyandingan dua perintah ini adalah isyarat bahwa makanan halal adalah pembangkit amal shaleh. Oleh karena itu, para Nabi benar-benar memperhatikan bagaimana memperoleh yang halal. Para Nabi mencontohkan pada kita kebaikan dengan perkataan, amalan, teladan dan nasehat. Semoga Allah memberi pada mereka balasan karena telah memberi contoh yang baik pada para hamba.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 10: 126).

Nah… jadi kalau selama ini kita terasa berat dan malas beramal shalih atau menjalankan kebaikan ? Kita periksa kembali apakah makanan yang kita konsumsi sudah terjamin kehalalannya.

Pertanyaannya adalah apakah hanya makanan saja yang menjadi perhatian kaum muslimin bahkan masyarakat secara umum terkait kehalalan sebuah produk atau jasa. Mari simak ulasan terkait perkembangan industri halal secara global berikut ini.


Bagaimana dengan perkembangan Industri Halal Global?

Perhatian masyarakat secara global ternyata mengalami peningkatan terhadap industri halal, bukan hanya makanan namun juga hal lainnya. Dalam lima tahun terakhir menunjukkan perkembangan yang positif meskipun sempat terkontraksi akibat pandemi Covid-19.

Sektor makanan halal dan fesyen muslim memiliki porsi pengeluaran terbesar dengan rata-rata mencapai lebih dari 74% di antara semua sektor. Sektor lain juga meliputi makanan halal, pariwisata ramah muslim, fesyen muslim, media/hiburan, kosmetik dan farmasi. Walaupun, terdapat penurunan pengeluaran konsumen muslim global menurun sebesar 9% disebabkan pandemi.


Makanan dan Fesyen masih menjadi Unggulan Sektor Halal

Berdasarkan State of Global Islamic Economy Report (SGIE) 2020/2021, pada tahun 2024 sektor makanan halal diperkirakan akan tumbuh 3,5% yaitu senilai 1,38 triliun dolar AS, sementara fesyen muslim akan tumbuh 2,4% atau sebesar 311 miliar dolar AS.

Potensi pasar halal global semakin tumbuh seiring dengan peningkatan atas permintaan produk halal. Hal ini sejalan dengan peningkatan populasi muslim global yang mencapai 1,9 miliar pada 2019 dan diperkirakan akan tumbuh dua kali lebih cepat dari populasi dunia secara keseluruhan.

Populasi Muslim akan mencapai 3 miliar pada 2060 atau meningkat 70% dari tahun 2015 yang akan mewakili 31,1% dari total populasi global. Pew Research Center memprakirakan pada tahun 2050 populasi muslim juga akan tetap didominasi oleh kaum muda, dengan 60% berusia 15-59 tahun sementara 24% di bawah usia 15 tahun.

Demikian penjelasan perkembangan industri halal global, hal ini merupakan informasi penting untuk dipahami agar menimbulkan kesadaran betapa pentingnya kehalalan sebuah produk maupun jasa. Peningkatan secara global merupakan bukti bahwa semakin banyak yang peduli dan memahami pentingnya kehalalan.

Alhamdulillah saat ini Platform SHAFIQ telah mendapatkan izin dan diawasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. SHAFIQ selaku penyelenggara SCF Syariah akan terus memberikan edukasi kepada calon investor Sukuk dan Saham Syariah agar memahami dan mengambil keputusan berdasarkan literasi yang cukup.

Jangan ketinggalan update event & artikel tentang investasi di SCF serta informasi terbaru Penawaran Sukuk dan Saham Syariah.

Apakah SHAFIQers sudah terdaftar sebagai Investor? klik saja DAFTAR

Referensi : 

  • Laporan Ekonomi & Keuangan Syariah, Bank Indonesia 2021
  • Artikel Rumaysho.com




Baca juga :
5 hikmah Penting dari kisah Nabi Ibrahim ‘alaihis salam
Jika belum berkurban tahun ini … yuk perbaiki lagi kondisi finansial kita agar lebih prepare lagi menjelang hari raya Adul Adha sehingga dapat menjalankan ibadah yang mulai ini.


Share