Berita
Kajian Fiqih Muamalah : Tunjukkan Dimana Pasar!
SHAFIQ Administrator
Sabtu, 23-07-22

Apa kabar SHAFIQers

Pernah dengar ungkapan itu, ketika ada yang bicara tentang muamalah di pasar.

Ini pasar bukan masjid ya… jangan ceramah di sini donk ?

Atau…

Bedain dong urusan agama dengan pasar !Jangan dicampur-campur nanti malah bikin ribet.

Nah… ada juga yang kadang ngomong begitu.


Kok bisa sih ?


Alhamdulillah kesempatan ini SHAFIQ X KPMI akan kembali membahas fiqih muamalah yang menitikberatkan pada bab jual-beli khususnya di dalam sebuah pasar.

Jadikan kegiatan ini untuk sebagai sarana meningkatkan ilmu dan pemahaman kita sebelum terjun dalam bisnis maupun bermuamalah.


Cukup Tunjukkan Saya Dimana Pasar!

Ungkapan masyhur ini keluar dari lisan salah satu Sahabat Nabi yang bernama ‘Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu ‘anhu ketika berhijrah ke Madinah, berikut riwayat yang sering kita dengar tersebut.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

Ketika ‘Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu ‘anhu sampai di Madinah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mempersaudarakan beliau dengan Sa’ad bin ar-Rabi’ al-Anshari radhiyallahu ‘anhu. Dan ketika itu, umumnya kaum Anshar memiliki dua istri.

Kemudian Sa’ad bin ar-Rabi’ menawarkan salah satu istrinya dan setengah dari hartanya. ‘Abdurrahman bin ‘Auf berkata: “Semoga Allah memberkahi keluargamu dan hartamu. Cukup tunjukkan kepadaku dimana pasar!”

Kemudian ‘Abdurrahman datang ke pasar, dan ia pun sukses berjualan aqith (sejenis makanan dari olahan susu) dan minyak samin.

Beberapa hari kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat pada pakaian ‘Abdurrahman bin ‘Auf ada bekas minyak wangi. Nabi bertanya: “Ada apa ini ‘Abdurrahman?” ‘Abdurrahman menjawab: “Saya baru menikahi seorang wanita Anshar.” Nabi bertanya: “Apa maharnya?” ‘Abdurrahman menjawab: “Emas seberat biji kurma.” Nabi bersabda: “Kalau begitu adakanlah walimah walaupun dengan menyembelih seekor kambing!”” (HR. Bukhari no. 5072)

Semoga kita dapat mencontoh kehidupan Sahabat Nabi yang menjalankan Agama Islam hingga menyangkut urusan Muamalah dalam kehidupan sehari-harinya, khususnya di pasar.


Kajian Fiqih Muamalah SHAFIQ X KPMI

Alhamdulillah, sebagai bentuk semangat memberikan edukasi serta literasi dalam hal investasi dan bisnis maka kami hadirkan kembali kegiatan bersama Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia :

  • Tema "Tunjukkan Dimana Pasar!"
  • Pemateri : Ustadz Muhammad Yassir, Lc. MA (Ustadz Pembina KPMI, Dosen Pengajar STDI Imam Syafi'i Jember)



  • Waktu : Ahad, 24 Juli 2022 | Pkl 09.00 WIB
  • Media : Zoom & Youtube ( SHAFIQ TV dan KPMI TV )
  • Klik https://bit.ly/shafiqkpmi untuk mendapatkan link zoom dan update kegiatan SHAFIQ X KPMI.

 "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no.1893)

Jangan ketinggalan update event & artikel tentang investasi di SCF serta informasi terbaru Penawaran Sukuk dan Saham Syariah. Yuk… Join Grup Telegram “Investasi Syariah”, caranya klik link https://t.me/shafiqid, kemudian join. Apakah SHAFIQers sudah terdaftar sebagai Investor ? klik saja DAFTAR



Baca juga:
Mengenal Istilah 2 L dalam Investasi Online
So… artikel kali ini SHAFIQ akan membahas istilah 2 L yang penting dipahami ketika memutuskan untuk berinvestasi secara online.