Berita
5 Alasan Berinvestasi di Bisnis Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
SHAFIQ Administrator
Kamis, 04-08-22

3 min read

Apa kabar SHAFIQers

Apa saja indikator kesejahteraan sebuah bangsa?

Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi dan Balita (AKB dan AKABA) menjadi salah satu indikator kesejahteraan masyarakat di suatu bangsa.

Kematian ibu menurut Berdasarkan definisi WHO bahwa kematian ibu adalah kematian selama kehamilan atau dalam periode 42 hari setelah berakhirnya kehamilan, akibat semua sebab yang terkait dengan atau diperberat oleh kehamilan atau penanganannya, tetapi bukan disebabkan oleh kecelakaan/cedera.

Untuk itu peningkatan kesehatan ibu dan anak seharusnya mendapat perhatian lebih.


Siapa bertanggungjawab terhadap peningkatan Layanan Kesehatan Ibu dan Anak?

Hal ini tentu bukan hanya menjadi PR Pemerintah selaku pemangku jabatan namun masyarakat dapat ikut andil dalam peningkatan serta perbaikan layanan ibu dan anak di Indonesia.

Hadirnya berbagai Layanan Klinik Bersalin berbasis teknologi juga ikut membantu pemerintah agar masyarakat mendapatkan layanan yang layak serta modern.

Layanan Klinik Bersalin ini tentu berbeda dengan RSIA dan Puskesmas, namun berupa "one stop service" pelayanan kesehatan Ibu dan anak dengan mengutamakan layanan komprehensif dan holistik oleh SDM yang berkompeten, berbasis bukti ilmiah, mengedepankan efisiensi berbasis riset dan teknologi terkini

Layanan Klinik Bersalin ini hadir untuk menjaga kesehatan kehamilan dengan mutu tinggi, kualitas kesehatan reproduksi perempuan, memastikan kesehatan anak sampai dengan mempersiapkan tempat persalinan impian


Apakah Anda Ingin ikut Andil dalam Peningkatan Layanan Kesehatan Ibu dan Anak?

Masyarakat dapat ikut andil dengan menjadi pemodal atau investor terhadap Bisnis yang berbentuk Klinik Bersalin yang menawarkan Sukuk atau Sahamnya. Tentu hal ini dilakukan setelah melakukan analisa dan berbagai pertimbangan.

Berikut kami sampaikan beberapa alasan singkat yang dapat menjadi pertimbangan dalam berinvestasi di sebuah Layanan Kesehatan Ibu dan Anak dalam hal ini Klinik Bersalin.

  1. Pertumbuhan dan Kontribusi Industri Kesehatan Meningkat
    Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kenaikan menjadi sebesar 3,69% pada 2021. Angka ini lebih tinggi dari capaian tahun 2020 yang mengalami kontraksi sebesar 2,07% akibat pandemi.

    Kontribusi sektor kesehatan dan kegiatan sosial terhadap PDB nasional nilainya cukup stagnan dari 2011 hingga 2019. Akan tetapi, setelah tahun 2019, kontribusi sektor ini mengalami tren kenaikan yaitu menjadi 1,30% pada tahun 2020 dan 1,34% pada tahun 2021. (Kompas.id)

  2. Pengeluaran Masyarakat untuk Kesehatan Meningkat
    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pengeluaran per kapita (expenditure per capita) per tahun Indonesia untuk bidang kesehatan sebesar US$ 112 atau setara Rp 1.568.000 (katadata.id).

  3. Pemerintah Dukung Transformasi Digital di Industri Kesehatan
    Kementerian Kesehatan telah merumuskan Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 yang berlandaskan semangat mewujudkan Indonesia Sehat secara kolaboratif bersama seluruh ekosistem pelaku industri kesehatan dalam suatu Platform Indonesia Health Services (IHS).

    Platform IHS merupakan sebuah platform ekosistem digital kesehatan yang menyediakan konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung dan mengintegrasikan berbagai aplikasi kesehatan di Indonesia. Dengan adanya transformasi digital industri kesehatan, diharapkan akan lebih mempermudah proses distribusi, penguatan jejaring kesehatan, mengefektifkan proses administrasi, dan mendukung performa yang lebih efektif serta Efisien.

  4. Faskes dan Nakes Berperan Positif terhadap Kesehatan Ibu dan Anak
    Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2020 menunjukkan bahwa fasilitas dan tenaga kesehatan memberikan kontribusi yang positif terhadap kesehatan para ibu dan anak.

    Dilaporkan pada Profil Kesehatan Ibu dan Anak tahun 2020, sebanyak 88 dari 100 ibu melahirkan anak lahir hidup dalam 2 (dua) tahun terakhir dan anak lahir hidup yang terakhir dilahirkan di fasilitas kesehatan.

    Apabila dilihat secara persentase, terjadi peningkatan ibu yang melahirkan anak lahir hidup dalam dua tahun terakhir dan anak lahir hidup yang terakhir dilahirkan di fasilitas kesehatan dari 82,74% pada tahun 2018 menjadi 87,91% pada tahun 2020. Sementara ibu yang melahirkan anak lahir hidup dalam 2 (dua) tahun terakhir dan anak lahir hidup yang terakhir dilahirkan dengan ditolong oleh tenaga kesehatan juga meningkat dari 93,63% pada tahun 2018 menjadi 95,16% pada tahun 2020.

  5. Dibutuhkan Banyak Layanan Kesehatan Membantu Persalinan Ibu dan Anak
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh McCarthy dan Maine (1992) Salah satu penyebab kematian ibu yaitu determinan berupa akses ke fasilitas kesehatan. Dengan demikian, guna menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan anak pada khususnya, dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan sektor kesehatan dan ekonomi pada umumnya, dibutuhkan banyak layanan kesehatan yang berperan aktif dalam membantu persalinan ibu dan anak. (McCarthy, J., & Maine, D. (1992). A framework for analyzing the determinants of maternal mortality. Studies in family planning, 23(1), 23-33)

Itulah ulasan tentang pentingnya berinvestasi pada Bisnis Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Indonesia.

Saat ini di platform Shafiq.id telah hadir Penawaran Saham PT Handal Selaras Maternal dengan brandnya (KMNC) Kosambi Maternal & Children Center.

Jika SHAFIQers ingin menjadi bagian dari perusahaan yang membantu kesehatan ibu dan anak, mulai dari masa pra kehamilan sampai pasca kehamilan, maka saham KMNC ini bisa menjadi salah satu jawabannya.

Untuk mulai berinvestasi pada saham KMNC ini, pastikan SHAFIQers sudah mendaftar dan melakukan KYC. Dan pahami dulu prospektusnya dengan baik ya!

Securities Crowdfunding Syariah Pertama berizin OJK dan diawasi DSN-MUI

SHAFIQ adalah startup fintech syariah yang mempunyai satu misi utama : menjadi “mini bursa efek Indonesia” yang mempertemukan pihak yang ingin berinvestasi (Pemodal) secara urunan dengan pihak yang membutuhkan permodalan untuk usaha (Penerbit).

SHAFIQ selaku penyelenggara SCF Syariah akan terus memberikan edukasi kepada calon investor Sukuk dan Saham Syariah agar memahami dan mengambil keputusan berdasarkan literasi yang cukup.

Jangan ketinggalan update event & artikel tentang investasi di SCF serta informasi terbaru Penawaran Sukuk dan Saham Syariah. Yuk… Join Grup Telegram “Investasi Syariah”, caranya klik link https://t.me/shafiqid, kemudian join. Apakah SHAFIQers sudah terdaftar sebagai Investor ? klik saja DAFTAR


  • Referensi: Prospektus Penawaran Saham PT Handal Selaras Maternal 



Baca juga:
Mengenal Investasi Syariah di Indonesia
Investasi syariah bertujuan memperoleh keuntungan sesuai dengan prinsip hukum Islam. Inilah yang membedakan jenis investasi ini dengan investasi lainnya.