Berita
Sudah Buat Resolusi Tetap Saja Gagal? Ini Solusinya
SHAFIQ Administrator
Minggu, 08-01-23

Apa kabar SHAFIQers?

Alhamdulillah kita memasuki lembaran baru di tahun 2023 ini

Sudah move-on dari kenangan kelam masa lalu? Yuk kita buka lagi dengan banyak hal yang lebih berwarna

Biasanya kamu akan canangkan apa saja yang ingin dicapai untuk perjalanan satu tahun in?, milestone apa saja yang diharapkan ingin diraih. Misalkan, menyelesaikan skripsi dan wisuda, menikah di usia muda, memiliki motor listrik terbaru, membeli rumah tanpa riba, berangkat umroh dengan biaya hemat.

Apalagi ya? Ya… tentu saja membahagiakan orang-orang yang kita sayangi, seperti keluarga, orangtua dan sahabat dekat.

Ini yang sering kita sebut dengan Resolusi, yaitu sebuah ketetapan hati pada diri sendiri atau kelompok terhadap apa yang ingin dicapainya dengan cara memperbaiki perilaku dan usahanya agar mendapatkan hasil lebih baik pada masa akan datang. Nah, apa resolusimu tahun ini? Jawab dalam hati ya!

Apa Saja Penyebab Resolusi Sering Gagal?

Mengutip dari BBC dari Penelitian University of Scranton yang dihimpun Statistic Brain menyatakan bahwa hanya ada 8% yang berhasil dalam mencapai resolusi yang mereka buat.

Sedangkan berdasarkan survey dari YouGov menjelaskan bahwa di Britania Raya masyarakat yang membuat resolusi pada 2020, hanya 26%-nya mampu berhasil. 48% hanya mencapai beberapa resolusinya, dan 23% sama sekali gagal.

Dikutip dari Zenius, Strava, sebuah aplikasi fitness-tracking dalam surveynya menerangkan bahwa 800 juta user-nya pada 2019 menyerah mencapai target aktivitasnya pada 19 Januari.

Dari fakta di atas apa penyebab gagalnya sebuah resolusi, SHAFIQers tahu jawabannya? Atau pernah mengalami kegagalan juga?

Yuk kita bahas Penyebab Gagalnya Resolusi dan Solusinya satu-persatu secara singkat di artikel ini.

  1. Motivasi Diri yang Kurang
    Motivasi merupakan hal internal yang memberikan dorongan dalam menggapai sebuah resolusi, alasan yang kuat dalam menentukan sebuah resolusi akan menghadirkan motivasi yang kuat.

    Misalkan, tahun ini targetnya adalah menikah maka motivasi akan kuat karena sudah mapan dari segi harta dan hati, tinggal mencari pasangan hidupnya. Jika motivasi dalam diri kurang maka akan terjebak pada kalimat ‘mager’ sehingga tidak melakukan ikhtiar yang diperbolehkan dalam Islam.

    Solusinya adalah jangan takut untuk mengalami kegagalan. Jika memiliki motivasi yang kuat untuk menyempurnakan agama maka lakukan ikhtiar yang disyariatkan, misal menggunakan ‘mak comblang’ yaitu perjodohan melalui pihak sahabat atau keluarga bahkan platform biro jodoh yang tidak melanggar syariah. Apabila ikhtiar sudah dijalankan, kewajiban selanjutnya adalah tawakal dan berdo’a karena jodoh adalah rahasia ilahi.

  2. Siklus Kegagalan yang Berulang
    Sering diantara kita mengalami kegagalan berkali-kali dengan resolusi yang sama dan terus berulang setiap tahunnya. Padahal tahun sebelumnya sudah pernah gagal namun diulang kembali dengan cara yang sama tanpa ada perubahan untuk menggapainya. Siklus ini dikenal dengan nama False Hope Syndrome, sebuah siklus gagal yang berulang karena antara harapan dan usaha tidak realistis.

    Solusinya adalah canangkan resolusi yang lebih spesifik dan realistis, misalkan tahun ini ingin memiliki finansial yang sehat, lakukan rutin menabung dan investasi dengan jumlah yang spesifik dan rutin. Pilih platform investasi yang memiliki legalitas dan memberikan bagi hasil yang realistis. Jangan sampai tertipu investasi bodong ya!

  3. Target yang Tidak Realistis
    Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya waktu, kemampuan, harapan yang tidak sesuai. Sebagai contoh, sebuah perusahaan mencanangkan target 2x lipat dari target tahun sebelumnya namun tidak dibarengi dengan perubahan dan peningkatan SDM, Strategi dan Berbagai perubahan lainnya. Untuk itu agar realistis maka resolusi harus disesuaikan dengan hal lainnya yang ikut mendukung.

    Solusinya adalah membuat target yang sesuai dengan kemampuan dan kekuatan yang kamu miliki, terkadang terlihat kecil namun akan realistis untuk dicapai. Jika tidak realistis maka akan menimbulkan kesan ambisius dan rentan frustasi karena kewalahan untuk mewujudkannya.

  4. Faktor dari Pihak Luar
    Faktor ini merupakan hal yang ada di luar jangkaun kita sebagai pelaku, misalnya; alam, lingkungan dan keadaan ekonomi. Sebagai contoh situasi resesi 2023 merupakan faktor luar yang dijadikan bahan pertimbangan. Jangan sampai mematok target terlalu tinggi namun bidang bisnis yang sedang kita geluti merupakan bidang yang terkena dampak resesi tahun ini.

    Solusinya adalah melakukan riset secara mendalam terkait faktor yang di luar jangkauan kita serta mintalah dukungan dari orang lain seperti,keluarga, sahabat, relasi dan pihak lainnya.

Bersabar Dalam Setiap Proses Kehidupan

Tidak semua hal yang kita harapkan dan inginkan akan terwujud dan hadir, terkadang muncul kekecewaan, sedih dan galau. Apakah kita tahu yang terbaik untuk kita? Sedangkan Allah Ta'ala Maha Tahu yang Terbaik untuk HambaNYA.

Mari renungkan FirmanNYA,

Artinya “Katakanlah, ‘Wahai hamba-hambaKu yang beriman, bertakwalah kepada Rabb-mu’. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S az-Zumār:10).

Mari renungkan Hadits Nabi,

“Sesungguhnya engkau tidak akan merasakan hakikat keimanan sampai engkau mengetahui bahwa apa yang (ditakdirkan) menimpamu tidak akan luput darimu dan apa yang (ditakdirkan) luput darimu tidak akan menimpamu.” (HR. Abu Dawud no. 4700)

Semoga kita menjadi hambanya yang bersabar dalam proses yang penuh kebaikan dan senantiasa diberikan keimanan atas takdir yang telah diberikan… aamiin.

Demikian artikel singkat mengenai Penyebab Gagalnya Resolusi dan Solusinya. Semoga resolusi SHAFIQers tahun ini dapat dicapai dan memberikan manfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

SHAFIQ adalah penyelenggara Layanan Urun Dana Digital Syariah Pertama Berizin di Indonesia. Ingin mendaftar sebagai pemodal atau membutuhkan pendanaan bisnis? Silakan DAFTAR

 

 

Baca juga:
Pengembalian Modal dan Bagi Hasil Sukuk Bulan Desember 2022
NJ; Barusan jg saya dpt bagi hasil dr BETA01,alhamdulillah. Tapi pengembalian modalnya nunggu jadwal dr ksei ke rekening kita yg terdaftar di shafiq


Share