Berita
6 Cara Mengamankan Data Pribadi di Internet
SHAFIQ Administrator
Sabtu, 17-09-22

Apa kabar SHAFIQers

Data Pribadi Bocor? Waduh bagaimana ini, khawatir digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Benar sekali, data pribadi merupakan privasi yang tidak boleh diketuhui secara publik sehingga penggunaanya harus sesuai peraturan yang berlaku.

Salah satu trending topic di dunia maya adalah, kebocoran data pribadi, hal ini merupakan sumber kekhawatiran yang hinggapi masyarakat saat ini.

Tentu hal ini sangat beralasan karena maraknya kasus penipuan dengan berbagai modus yang menimpa banyak pihak. Hal ini pernah kami bahas pada artikel Social engineering dan Cara Mengatasinya.

Mengutip penjelasan melalui hukumonline.com, Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Anton Setiawan, terdapat lima tantangan bagi industri digital dalam pengamanan data pribadi, sebagai berikut:

  1. Banyaknya jumlah data harus diimbangi dengan upaya jauh lebih kuat dalam pengamanannya.
  2. Data pribadi yang dapat diserahkan kepada pihak lain menimbulkan risiko kebocoran data pribadi.
  3. Pengelolaan data pribadi harus disertai dengan manajemen yang baik.
  4. Penggunaan ragam platform seperti mobile dan website juga menjadi tantangan tersendiri dalam pengamanan data pribadi.
  5. Penggunaan komputasi awan juga menimbulkan risiko yang harus dimitigasi pelaku usaha.

Alhamdulillah SHAFIQ sebagai Layanan Urun Dana berbasis Teknologi telah memenuhi syarat penting dalam perlindungan data pribadi yaitu terdapatnya standar nasional, SNI 27001. Hal ini adalah upaya untuk memberi perlindungan data pribadi para pengguna dan memberikan kepercayaan masyarakat pada data pribadinya.

SHAFIQ akan terus memberikan edukasi dan literasi terkait kegiatan investasi melalui platform berbasi teknologi terkait risiko dan akad-akad yang dijalankan.

Berikut ini beberapa tips Mengamankan Data Pribadi di Internet yang bisa dilakukan.


  1. Bedakan Alamat Email Untuk Berbagai Kebutuhan
    Lindungi diri dan privasi ketika beraktivitas di media sosial dan internet, miliki email alternatif untuk berbagai kebutuhan. Misal, email untuk pribadi, email pekerjaan utama dan email untuk kegiatan belanja online di marketplace.

    Hal ini dilakukan agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan misalkan spamming maka email utama tidak terdampak atau terganggu.

  2. Gunakan password yang kuat dan ganti secara berkala
    Salah satu pertahanan utama terhadap serangan hacker jahat adalah password, agar akun tidak mudah dibobol. Gunakan kata sandi sulit ditebak, kombinasikan huruf, angka, serta simbol. Hindari penggunaan nama asli, tanggal lahir yang mudah ditebak. Setiap beberapa waktu tertentu lakukan perubahan password.

  3. Jangan asal klik link
    Hati-hati dengan email yang memberi tahu untuk mengubah password akun mu atau meminta data pribadi tertentu. Cek dengan teliti siapa pengirimnya serta lakukan konfirmasi pada pihak terkait, hal ini telah kami jelaskan detail pada artikel terkait Social Engineering serta Modus Penipuannya.

  4. Hati- hati menggunakan wifi di tempat umum
    Enak sih menggunakan Wifi gratisan, tapi tetap harus waspada. Karena berarti akan banyak orang yang menggunakan Wifi yang sama.

  5. Aktifkan fitur pengaman tambahan (2FA)
    Bisa dengan mengirimkan kode rahasia melalui email, SMS, atau dengan aplikasi authenticator. Hal ini akan mempersulit kegiatan penyusup atau peretas data pribadi di internet.

  6. Gunakan mode Incognito dan VPN
    Supaya aman lagi, kamu bisa menggunakan VPN plus mode incognito saat berselancar di dunia maya. Virtual private network (VPN) pada dasarnya memindahkan koneksi Internet ke lokasi yang berbeda agar tidak mudah diidentifikasi ke situs yang melacak mu. Menggabungkan VPN dengan Incognito akan meningkatkan proteksi.

Selain itu, Cara Mengamankan Data Pribadi di Internet dengan bijak dalam mengakses situs maupun layanan di dunia maya. Agar tidak mudah untuk menyetujui setiap permintaan yang ditawarkan sebelum mengetahui secara jelas dan memahami risiko yang muncul di masa depan.

Jangan ketinggalan update event & artikel tentang investasi di SCF serta informasi terbaru Penawaran Sukuk dan Saham Syariah.

Apakah SHAFIQers sudah terdaftar sebagai Investor ? Silakan DAFTAR



Baca juga:
Tips Agar Rajin Menabung di Usia Muda
Ingin punya barang yang dibutuhkan, misal handphone, laptop atau motor, kamu pilih cara yang mana? Menabung atau Mencicil.


Share