Berita
Website Investasi Syariah yang Aman dan Terdaftar OJK
SHAFIQ Administrator
Minggu, 23-10-22
2 min read

  • Platform Investasi semakin banyak bermunculan?
  • Masa depan investasi akan berbasis teknologi?
  • Gelombang hijrah semakin luas di kalangan Milenial. Apa saja pengaruhnya?

Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi penting di tengah menjamurnya berbagai website platform investasi berbasis teknologi yang menawarkan kemudahan, kecepatan dan murah. Berbagai manfaat ditawarkan dengan semakin meningkatnya persaingan dan tuntutan para investor.

Mengutip penjelasan OJK, bahwa diprediksi 5 Tahun Lagi Generasi Milenial dan Z Kuasai Pasar Modal. Hal berdasarkan pada total investor yang menguasai pasar modal selama periode pandemi 2019-2022 meningkat 300 persen dan didominasi oleh kaum muda Milenial dan Generasi Z.

Walaupun kepemilikan aset investor masih didominasi kelompok usia di atas 50 tahun. Namun diprediksi kaum muda ini akan menggeser dominasi yang berusia 50 tahun ke atas pada masa datang.

Hijrah Menuju Investasi yang Mengusung Syariah

Gelombang hijrah di kalangan muda khusus generasi Milenial dan Gen Z menjadi tren yang semakin meluas dan popular. Hijrah dalam hal keyakinan dan ketaatan yang mempengaruhi berbagai hal yang meliputi pergaulan, fashion, makanan, hingga keuangan.

Salah satu pilihan yang diminati hari ini adalah investasi syariah, yaitu investasi yang benar-benar berdasarkan ketentuan Islam bukan hanya sekedar mengejar ceruk pasar dalam gelombang hijrah tersebut.

Sesuai dengan penjelasan ustadz Ammi Nur Baits dalam kajian beliau bersama SHAFIQ, Syariah bukan sebatas mencari pasar tapi dalam rangka menyesuaikan diri dengan aturan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan.

Perusahaan yang hijrah, beralih dan membenahi dirinya dengan skema yang sesuai syariah tujuannya bukan sebatas pasar namun menyesuaikan diri dengan aturan. Karena mereka menyadari setiap aktivitas muamalah akan ada pertanggungjawaban di akhirat dan kalau orang tidak memastikan pendapatan yang dia miliki sesuai dengan aturan maka akan menjadi sumber penyesalan ketika menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Tips Memilih Website Investasi Syariah yang Aman

Berikut ini 3 Tips Memilih Website Investasi Syariah yang Aman agar harta yang didapatkan tidak hanya berkembang namun juga diberi keberkahan.

  1. Tidak ada pelanggaran syariat
    Dalam rangka menyesuaikan diri dengan aturan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan maka kehadiran pilihan investasi syariah untuk memberikan ketenangan dalam hal finansial.

    Alhamdulillah SHAFIQ selaku penyelenggara SCF Syariah telah berizin serta diawasi oleh OJK dan DSN MUI, sehingga saat ini menjadi yang pertama sebagai platform SCF yang berprinsip syariah. Berdasarkan Surat Keputusan DSN MUI nomor U-097/DSN-MUI/II/2021, Shafiq juga mendapatkan Rekomendasi Dewan Pengawas Syariah dari DSN MUI.

    Sebagaimana dikutip pernyatan OJK "Saat ini terdapat 1 penyelenggara SCF yang full-fledged Syariah yaitu PT Shafiq Digital Indonesia atau SHAFIQ"

  2. Memiliki legalitas yang jelas
    Salah satu prinsip yang harus dipahami bagi para investor bukan hanya pada keuntungan semata dari sebuah instrumen investasi sehingga mengabaikan ketentuan regulasi yang berlaku. Hal ini yang menjadi salah satu celah motif kejahatan investasi bodong dengan menawarkan keuntungan yang tidak rasional sehingga banyak yang terkecoh.

    Sebagai contoh SCF saat ini wajib terdaftar pada regulator yaitu Otoritas Jasa Keuangan sesuai Peraturan OJK yakni POJK Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (Securities Crowdfunding).

    SHAFIQ selaku penyelenggara SCF telah mengantongi Surat Keputusan OJK Nomor KEP-37/D.04/2021 tanggal 19 Agustus 2021, PT Shafiq Digital Indonesia telah resmi memperoleh izin sebagai Penyelenggara Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Efek Berbasis Teknologi Informasi.

  3. Memiliki prosedur keamanan data yang mumpuni
    Dari segi sistem informasi wajib mendapat ISO 27001 ( Standarisasi Manajemen Keamanan Informasi ) sebagai syarat mendapatkan mendapat izin usaha dari OJK. Mulai dari mengamankan data, server dan jika terjadi bencana atau adanya aktivitas hacking.

    Alhamdulillah SHAFIQ telah mendapatkan sertifikat ISO 27001 dan selalu bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pengamanan agar terupdate dengan berbagai sistem keamanan terbaru secara periodik serta berulang.

Jangan ketinggalan update event & artikel tentang investasi di SCF serta informasi terbaru Penawaran Sukuk dan Saham Syariah. 

Apakah SHAFIQers sudah terdaftar sebagai Investor? klik saja DAFTAR




Baca juga:
Cara Mengelola Finansial Keluarga yang Sehat
Cara Mengelola Finansial Keluarga harus dilakukan dengan cermat, karena masih banyak pasangan yang seringkali salah melakukannya

Share