Berita
Bagaimana Cara Agar Tidak Tertipu Investasi Bodong ?
SHAFIQ Administrator
Senin, 24-01-22

Sebagai investor, jangan mudah tergiur terhadap tawaran investasi dengan return tinggi tanpa risiko. Berhati-hatilah setiap kali anda menerima tawaran investasi. Begini cara yang bisa anda lakukan agar tidak tertipu investasi bodong.

Ditengah berbagai informasi yang menggambarkan sikap ingin cepat kaya dengan harta berlimpah dan berharap menjadi sultan dalam waktu singkat. Sikap kehati-hatian dan waspada tetap harus dikedepankan sehingga tidak mudah terombang-ambing berbagai informasi yang menyesatkan.

Cara Agar Tidak Tertipu Investasi Bodong

  1. Pilih Jenis Investasi
    Tujuan utama berinvestasi adalah untuk mencapai tujuan finansial. Namun, perjalanan seorang investor juga tidak bisa langsung terbayar. Anda harus banyak belajar agar cepat dewasa dalam berinvestasi. Setiap usia, latar belakang, pekerjaan, dan kematangan investasi akan menentukan produk yang anda gunakan.

  2. Memiliki Tujuan
    Pentingnya memiliki tujuan keuangan adalah agar anda tidak panik dalam mengambil keputusan keuangan saat investasi sedang tidak stabil. Misalnya, jika tujuan jangka panjang anda adalah menabung untuk hari tua, maka mulailah dengan menabung saham.

  3. Cek Manajer Investasi dan Peraturan OJK
    Pastikan manajer investasi memiliki izin yang masih berlaku dan semua pengelolaan dana harus diawasi dan diatur oleh OJK. Hal ini penting agar transparansi dalam pengelolaan keuangan perusahaan dapat terlihat dan ditindaklanjuti.

  4. Pastikan Pengembalian yang Wajar
    Pengembalian atau return dari bentuk investasi ini merupakan hal yang wajar. Namun, anda harus memahami dasar-dasar investasi high risk high return dan low risk low return.

  5. Pahami Modus Penipuan
    Banyak yang sering menawarkan investasi dengan penawaran yang tidak wajar. Waspada dan hindari penawaran berlebihan, seperti keuntungan 3 hingga 4 kali lipat dari deposit. Bisa jadi orang tersebut tidak memahami dasar-dasar berinvestasi dan memiliki rencana menipu.

  6. Cari Informasi
    Anda harus banyak belajar dan mencari informasi tentang investasi. Selain itu, jangan ragu untuk menolak, jika diberikan tawaran yang menggiurkan, sebagai investor tidak perlu terburu-buru dalam melakukan investasi.

Faktor munculnya tawaran investasi ilegal atau curang ini, karena mereka melihat potensi ekonomi dan kurangnya pengetahuan dari masyarakat itu sendiri. Itulah beberapa tips agar tidak tertipu investasi bodong yang bisa anda lakukan dari sekarang.

Shafiq.id sebagai Securities Crowdfunding syariah pertama Indonesia yang berizin dan diawasi OJK serta DSN MUI memberikan beberapa poin tambahan yang mesti diketahui bagi investor yang tidak hanya berharap keuntungan namun juga keberkahan, yaitu :

  1. Diawasi oleh Dewan Syariah Nasional MUI sebagai lembaga yang kompeten dalam hal syariah di Indonesia.
  2. Memiliki proyek bisnis yang berlandaskan syariah sehingga dijauhkan dari Anti-GHAIB, BEBAS dari GHARAR (ketidakjelasan), ZALIM (ketidakadilan) & RIBA (setiap utang piutang yang ditarik manfaat).
  3. Memiliki Prospektus Bisnis yang jelas dan detail sehingga tidak ada kesan membeli kucing dalam karung.

Ingin menjadi investor atau pemodal di shafiq.id mulai dari 1 juta rupaih, silakan klik link DAFTAR INVESTOR.

Share