Berita
Penting! Cek 5 Faktor Ini Sebelum Berinvestasi
SHAFIQ Administrator
Minggu, 14-05-23

Faktor Penting Investasi | 2 min read

Apa kabar SHAFIQers?

Securities crowdfunding adalah ‘mini bursa’ yang mempertemukan antara para pemodal dengan pengusaha. Sebagaimana bursa saham yang memberikan informasi dalam kegiatan investasi kepada calon pemodal dan pemodal aktif maka hal ini juga berlaku pada SCF.

Tentu ada beberapa perbedaan antara bursa saham dan scf, misalkan besaran pendanaan dan skala bisnis penerbit atau pengusaha. Namun pada hal transparansi kegiatan investasi harus tetap sama agar para pemodal merasa nyaman dan aman.

Transparansi dalam kegiatan investasi adalah penting untuk memberikan kepercayaan kepada investor dan meningkatkan integritas penyelenggara.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam transparansi investasi:

  1. Informasi perusahaan
    Perusahaan harus secara terbuka mengungkapkan informasi tentang struktur perusahaan, visi dan misi, bisnis model, serta faktor risiko yang mungkin mempengaruhi kinerja perusahaan.

  2. Laporan keuangan
    Laporan keuangan perusahaan harus akurat, jelas, dan mudah dimengerti. Laporan keuangan yang transparan memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja perusahaan dan dapat membantu investor membuat keputusan investasi yang lebih baik.

  3. Mitigasi risiko, imbal hasil dan informasi penting lainnya
    Perusahaan harus secara terbuka mengungkapkan informasi tentang praktik pengelolaan risiko, kebijakan imbal hasil/ dividen, transaksi pemegang saham utama, dan informasi penting lainnya. Pengungkapan informasi yang tepat dan transparan dapat membantu membangun kepercayaan investor dan memperkuat reputasi perusahaan.

  4. Regulasi
    Regulasi investasi melalui SCF harus transparan dan jelas sehingga investor dapat memahami aturan dan kebijakan yang mengatur kegiatan securities crowdfunding.

  5. Komunikasi antara Investor, Penerbit dan Penyelenggara
    Komunikasi melalui berbagai media harus semakin mudah untuk memberi kesempatan bagi investor ketika bertanya tentang hal yang belum dipahami. Melalui media yang disediakan penyelenggara dapat memberikan edukasi dan literasi kepada investor.
Semoga pembahasan ini dapat memberikan insight kepada SHAFIQers sehingga lebih teliti dan detail ketika akan berinvestasi melalui SCF Syariah.
______________________
SHAFIQ adalah perusahaan penyelenggara securities crowdfunding syariah yang berizin dan diawasi OJK serta DSN-MUI. Dapatkan permodalan syariah hingga 10 miliar melalui SCF Syariah atau menjadi pemodal dalam investasi syariah dalam bentuk sukuk serta saham syariah yang sesuai dengan profil risiko kamu.

Lakukan investasi dengan uang dingin sesuai tujuan keuangan dan profil risiko yang kamu miliki.

Disclaimer: Konten ini memiliki tujuan edukasi terkait finansial sedangkan pilihan investasi pada efek (saham/ sukuk) mengandung RISIKO TINGGI yang seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi.

Share