Berita
Get Healthy and Wealthy with SHAFIQ
SHAFIQ Administrator
Senin, 06-06-22

3 Min Read
Apa kabar SHAFIQers?


RUN-Vestasi adalah kegiatan yang insya Allah bertujuan untuk mengkampanyekan investasi yang penting bagi pribadi Muslim yaitu kesehatan tubuh dan kesehatan finansial.

Kolaborasi antara SHAFIQ sebagai platform investasi Anti-GHAIB (GHARAR, ZALIM, RIBA) dengan Beard Indonesia sebagai brand muslim sportswear, menjadi bukti keseriusan keduanya untuk bisa memberikan manfaat yang lebih bagi seluruh masyarakat.

Semoga Allah ﷻ berikan kita kesehatan tubuh dan finansial melalui kegiatan kolaborasi ini. Aamiin

Berlari merupakan bentuk latihan kardio yang terpopuler. Olahraga ini relatif murah dan tidak membutuhkan banyak biaya, bahkan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Ada banyak jenis olahraga lari yang bisa anda lakukan, seperti lari cepat, maraton, atau jogging. Berikut ini manfaat olahraga lari untuk kesehatan yang bisa anda ketahui.

Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan
Manfaat pertama dari olahraga lari adalah membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal dengan membakar lemak lebih cepat. Berlari secara teratur dapat membuat tubuh mampu membakar kalori.

Menjaga Kesehatan Jantung
Lari merupakan olahraga kardio yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Saat berlari, jantung akan memompa oksigen bersama darah ke seluruh tubuh.

Menguatkan Otot dan Tulang
Berlari juga dapat meningkatkan fungsi dan kekuatan otot, terutama otot kaki. Otot kaki anda juga akan lebih fleksibel karena anda terus menggunakannya untuk melangkah. Selain itu, tekanan saat berlari juga bisa memperkuat tulang dan dapat mengurangi risiko pengeroposan tulang di usia tua.

Meningkatkan Kinerja Otak
Sirkulasi darah yang baik saat berlari akan membantu oksigen masuk ke jaringan tubuh, termasuk otak. Oksigen yang melimpah dapat menyehatkan otak dan meningkatkan konsentrasi.

Mengurangi Risiko Kematian Akibat Stroke
Berlari dapat mengurangi risiko pembekuan darah, sehingga dianggap bermanfaat untuk mengurangi risiko kematian akibat stroke.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Lari secara teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik sangat dibutuhkan untuk mencegah serangan berbagai penyakit. Saat berlari, sistem koordinasi tubuh akan terlatih. Misalnya kaki dan mata.

Mengatasi Depresi
Saat berlari, sistem pernapasan akan bekerja secara optimal untuk menerima dan mengeluarkan udara. Hal ini akan membantu menghilangkan stres dalam tubuh dan juga bisa meningkatkan mood.

Tidur Menjadi Lebih Berkualitas
Manfaat terakhir, otot-otot tubuh akan merasa lelah dan akan mengirimkan sinyal ke otak untuk beristirahat. Jadi, lari sangat cocok sebagai terapi bagi mereka yang susah tidur. Itulah beberapa manfaat olahraga lari untuk kesehatan yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

Apa saja Tips Olahraga Lari untuk Pemula ?

Salah satu olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan adalah lari. Olahraga ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, dan sangat efektif membakar lemak dibandingkan olahraga lainnya. Meski tidak membutuhkan banyak peralatan, anda perlu memperhatikan tips olahraga lari untuk pemula berikut ini.

Tips Olahraga Lari untuk Pemula

Pastikan Badan Sehat
Tips pertama, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai berlari untuk mengetahui kondisi kesehatan anda. Hal ini perlu anda lakukan, terutama jika anda berusia di atas 40 tahun, mengalami obesitas atau memiliki riwayat keluarga penyakit jantung.

Memakai Sepatu yang Nyaman
Beberapa orang memilih berlari dengan sepatu apa pun yang mereka miliki. Padahal, penggunaan sepatu lari yang salah dan teknik lari yang tergesa-gesa seringkali menjadi penyebab cedera. Setiap orang berlari dengan cara yang berbeda. Jadi ada beberapa sepatu lari yang dirancang khusus sesuai dengan cara berjalan orang untuk menghindari potensi cedera.

Pilih Tempat yang Aman dan Nyaman
Olahraga lari di outdoor, perlu dilakukan di tempat yang aman untuk menghindari risiko kecelakaan. Sebelum berlari, pastikan anda mengetahui rute yang aman dan bebas lalu lintas. Anda bisa memilih rute di sekitar kawasan kompleks perumahan dengan lalu lintas yang minim atau taman kota yang memiliki jogging track.

Mulai dengan Berjalan
Berjalan memiliki gerakan yang hampir sama dengan berlari tanpa banyak tekanan pada tulang dan persendian. Namun, jangan berjalan dengan sangat santai, tapi anda harus berjalan cepat. Kesalahan yang juga sering dilakukan saat pertama kali lari adalah memilih jarak lari yang terlalu jauh.

Istirahat yang Cukup
Ketika anda menjalani latihan lari dengan sukses, pasti anda akan bersemangat untuk melanjutkan latihan keesokan harinya. Meski hal ini bagus sebagai bentuk konsistensi, tetapi anda harus memberikan tubuh anda setidaknya satu hari untuk beristirahat dan mendapatkan relaksasi.

Cara ini penting agar tidak terjadi cedera dan mengoptimalkan perkembangan otot tubuh. Itulah beberapa tips olahraga lari untuk pemula yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

Sudah siap berinvestasi? Silahkan DAFTAR SEBAGAI PEMODAL kemudian Pelajari Prospektus Usaha DAFTAR INVESTASI serta informasi lainnya untuk Berinvestasi secara Aman

Masih belum paham seputar Investasi Syariah? Silahkan cek artikel pilihan kami di Artikel seputar Securities Crowdfunding, tingkatkan literasi sebelum memutuskan berinvestasi.

Dapatkan informasi terbaru pilihan dan berbagai event yang meningkatkan pemahaman bidang Investasi Syariah. Yuuks join di Telegram Channel "SHAFIQ - INVESTASI SYARIAH", caranya klik link https://t.me/shafiqid, kemudian join.


Baca juga:
7 Tips Mengatur Gaji Bulanan Sesuai Syariat
Bisa jadi anda terkena yang namanya lifestyle inflation atau inflasi gaya hidup. Ketika pendapatan anda meningkat, pengeluaran anda pun ikut meningkat.