Berita
Panduan Mengelola Keuangan dengan Gaji 7 Juta
SHAFIQ Administrator
Rabu, 01-02-23

2 min read

Apa kabar SHAFIQers?


Berapa sih gaji ideal menurut kalian sih?
Hmmm… setiap orang akan memberi nominal yang berbeda-beda. Tergantung dengan kebutuhan masing-masing individu.

Dalam beberapa penjelasan media, kalangan perkotaan khususnya DKI Jakarta minimal memiliki gaji 5 juta untuk mampu memenuhi kebutuhan dasar. Jika diasumsikan dengan tunjangan, bonus, kenaikan gaji dan lainnya maka diperkirakan mampu mencapai 6-7 juta per bulan setelah bekerja beberapa tahun.

Bagaimana mengelola gaji tersebut agar tetap mampu memenuhi kebutuhan dan berbagai target masa depan para pekerja. Misalkan, Budi seorang pekerja di perusahaan swasta di bilangan Sudirman, setelah 5 tahun bekerja mampu meraih take home pay 7 juta rupiah.

Dalam waktu dekat Budi merencanakan akan menikah, maka dibutuhkan persiapan biaya menikah, memiliki rumah, tabungan masa depan dan hal urgent lainnya. Jika hal ini tidak dikelola dengan baik, maka setelah bertahun-tahun bekerja tetap tidak ada tabungan.

Yuk temukan cara mengelolanya!

Bagaimana Panduan Mengelola Keuangan dengan Gaji 7 Juta?
Hal penting yang harus diperhatikan adalah cara yang tepat untuk mengelola keuangan agar dapat digunakan dengan baik. Berikut penjelasannya!

  1. Memahami Kondisi Keuangan Keluarga
    Setiap keluarga memiliki perbedaan kondisi keuangan masing-masing. Dalam memahami kondisi ini maka dibutuhkan penyesuaian antara pendapatan serta pengeluaran. Jangan sampai ada situasi ‘besar pasak daripada tiang’, dimana pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Jika hal ini terjadi maka harus diperbaiki manajemen keuangan untuk mampu memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

  2. Harus Paham antara Kebutuhan dan Keinginan
    Kondisi keuangan yang buruk terjadi bukan karena minimnya pendapatan namun disebabkan terlalu memenuhi keinginan. Hal ini banyak terjadi pada keluarga muda yang banyak menghabiskan alokasi dana untuk plesiran dengan alasan healing.

    Untuk itu perlu dipahami pentingnya pemenuhan kebutuhan terlebih dahulu sebelum keinginan. Hal pokok terkait kehidupan sehari-hari, seperti makan, minum, dan lainnya harus diutamakan. Sedangkan sesuatu yang tidak wajib hanya bersifat hiburan semata dapat dilakukan setelah kebutuhan terpenuhi terlebih dahulu.

  3. Stop Kebiasaan Lapar Mata
    Lapar mata adalah istilah bagi kita yang sering tergoda rayuan diskon, flash sale atau promo gajian. Akhirnya terjebak pada belanja konsumtif yang dapat menambah pengeluaran pasif, bahkan mengurangi kekayaan bersih kamu. Sebagai contoh adalah gonta-ganti gadget, beli perabotan yang kurang berguna dan lainnya.

    Belilah aset masa depan,misalkan beli emas, tanah kavling atau benda yang akan bertambah nilainya setelah sekian lama. Hal ini akan lebih menambah kekayaan dan menjadi investasi yang bermanfaat.

  4. Miliki Kebiasaan Menabung
    Menabung tidak harus selalu berjumlah besar, dapat dilakukan dari nilai recehan namun rutin setiap hari. Misal, ingin membeli sesuatu barang senilai 300.000 maka menabunglah 10.000 selama satu bulan. Jika hal ini dilakukan secara rutin akan menjadi kebiasaan yang baik sehingga tidak mengganggu keuangan kamu.

    Ternyata menabung saat ini belum menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat kita. Kita lebih memilih berutang daripada menabung sehingga banyak yang terjebak pada pinjaman online. Padahal menabung melatih kesabaran terhadap sebuah keinginan dengan cara bertahap dan tidak terburu-buru.

  5. Menambah Pemasukan
    Meningkatkan pendapatan bulanan adalah solusi yang bisa diterapkan jika pengeluaran anda terus bertambah. Anda dapat meningkatkan pendapatan bulanan dengan berbagai cara, salah satunya dengan investasi sesuai kemampuan anda.

    Selain itu, anda juga bisa mencari kerja sampingan atau membangun bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan, agar anda bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan hiburan, seperti jalan-jalan atau makan makanan favorit.
Demikian artikel singkat mengenai Panduan Mengatur Keuangan dengan Gaji 7 Juta. Agar kebutuhan pribadi maupun rumah tangga dapat terpenuhi maka lakukan pengaturan yang baik.

Alhamdulillah SHAFIQ yang pada 2022 berhasil melakukan distribusi pendanaan hingga 129 Miliar kepada para pelaku UMKM. Sehingga tahun ini akan menaikkan target distribusinya agar lebih banyak para pelaku yang mendapatkan pendanaan tersebut.

Apakah kamu ingin menjadi salah satu pemodal?

______________________
Ingin mendaftar sebagai pemodal Investasi Syariah atau membutuhkan Permodalan Syariah untuk bisnis kamu? Silakan DAFTAR dan segera lengkapi data diri kamu.



Baca juga:
Cara Perhitungan Imbal Hasil pada Sukuk
Tentu semua menginginkan keuntungan serta imbal hasil yang memuaskan bagi semua pihak, para pengusaha dan pemodal

Share